get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Sandiaga Uno: Terjadi Salah Persepsi Terkait Bule Ngaku Ditipu di Desa Sade

Kamis, 22 Desember 2022 | 19:27 WIB
header img
Foto: Antara

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Terkait video viral dari seorang wisatawan mancanegara (wisman) yang menyebut Desa Wisata Sade sebagai 'Scamming Village', disikapi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Ia meyakini, bahwa Desa Wisata Sade, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah desa yang indah, dengan kekuatan budaya dan ekonomi kreatif (Ekraf) serta masyarakatnya.

"Saya sudah beberapa kali ke sana dan kita akan terus lakukan pendampingan dan pelatihan termasuk peningkatan kemampuan bahasa Inggris masyarakat," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Brief With Sandi Uno beberapa waktu lalu.

Terkait persepsi yang disampaikan seorang wisatawan mancanegera (wisman) di media sosial, tentang Desa Wisata Sade adalah kesalahan persepsi dan komunikasi.

Oleh karenanya, mantan Wagub DKI Jakarta itu mengapresiasi gerak cepat dari masyarakat Desa Wisata Sade termasuk anggota tim Monev KEK Kemenparekraf, Taufan Rahmadi yang menaruh perhatian lebih terhadap isu ini.

"Sebelumnya yang terjadi adalah salah persepsi karena kedua pihak tidak berkomunikasi dengan baik dan lancar, sehingga terjadi penggiringan opini terhadap Desa Wisata Sade yang dikesankan tidak memperlakukan wisatawan dengan baik," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kemampuan komunikasi masyarakat di dalamnya.

Terutama dalam penguasaan bahasa asing, guna tidak ada lagi kesalahpahaman dan persepsi.

"Pendampingan nantinya juga akan melibatkan Poltekpar Lombok. Selain bahasa Inggris, juga akan ada pendampingan terhadap produk ekraf agar ada standarisasi kualitas dan juga harga dengan batasan-batasan harga produk ekraf yang layak dan pantas untuk daerah Lombok Tengah," tandasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut