get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Selayang Pandang Maroko : Ternyata Punya Banyak 'Harta Karun' Penyumbang Ekonomi

Senin, 12 Desember 2022 | 16:51 WIB
header img
Lolos ke Semifinal Piala Dunia, Ternyata Maroko Punya Banyak Harta Karun (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Maroko yang menjadi negara Afrika pertama lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022 menarik untuk diulas  prekonomianya. Ternyata Maroko mempunyai banyak 'harta karun' yang menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi.

Perlu diketahui Maroko memiliki populasi lebih dari 33.800.000 dan luas 446.550 km2 (172.410 sq mi). Ibu kotanya adalah Rabat dan kota terbesarnya adalah Casablanca.

Ekonomi Maroko tumbuh sebesar 7,4% pada 2021. Sementara, PDB per kapita negara Maroko mencapai USD3.496,76 pada 2021. Ini mengutip data World Bank, Jakarta, Senin (12/12/2022). Sedangkan Inflasi Maroko mencapai 1,4% dengan total pengangguran mencapai 11,5%.

Sementara itu, ekonomi Maroko dianggap sebagai ekonomi yang relatif liberal yang diatur oleh hukum penawaran dan permintaan.

Sejak 1993, Maroko telah mengikuti kebijakan privatisasi sektor ekonomi tertentu yang dulu berada di tangan pemerintah. Maroko telah menjadi pemain utama dalam urusan ekonomi Afrika, dan merupakan ekonomi Afrika ke-5 terbesar berdasarkan PDB (PPP).

Forum Ekonomi Dunia menempatkan Maroko sebagai ekonomi paling kompetitif pertama di Afrika Utara, dalam Laporan Daya Saing Afrika 2014-2015.

Sektor jasa menyumbang lebih dari setengah dari PDB, industri yang terdiri dari pertambangan, konstruksi dan manufaktur adalah seperempat tambahan.

Sektor yang mencatat pertumbuhan tertinggi adalah sektor pariwisata, telekomunikasi, dan tekstil. Maroko, bagaimanapun, masih tergantung pada tingkat yang tidak tepat pada pertanian, yang menyumbang sekitar 14% dari PDB tetapi mempekerjakan 40-45% dari populasi Maroko.

Dengan iklim semi-kering, sulit untuk memastikan curah hujan yang baik dan PDB Maroko bervariasi tergantung pada cuaca. Kehati-hatian fiskal memungkinkan dilakukannya konsolidasi, dengan defisit anggaran dan utang turun sebagai persentase dari PDB.

Maroko adalah produsen fosfat terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China, dan fluktuasi harga fosfat di pasar internasional sangat mempengaruhi perekonomian Maroko

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut