get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Benarkah Jengkol Dapat Mencegah Kolesterol? Simak Penjelasannya

Senin, 12 Desember 2022 | 12:59 WIB
header img
Ilustrasi jengkol. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai benarkah jengkol dapat mencegah kolesterol? Dahulu, orang tua percaya bahwa jengkol merupakan makanan jin. Jengkol memiliki bau yang khas, namun jika jengkol dimasak dengan bumbu berlimpah akan menjadi makanan yang enak dan lezat.

Banyak yang enggan mengkonsumsi makanan ini karena mitos yang beredar bahwa jengkol mengandung kolesterol. Padahal faktanya justru sebaliknya. Makanan berbentuk bulat ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, salah satunya justru menurunkan kolesterol.

Seperti dikutip dari laman Sehatq, berikut ini manfaat jengkol untuk kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol

Jengkol mengandung Tanin dan saponin. Kandungan dua zat itu bisa membantu menurunkan kolesterol. Tanin dan saponin bekerja dengan menghambat penyerapan asam empedu yang bersatu dari kolesterol melalui usus. Untuk menambal kehilangan asam empedu ini, hati kemudian mengubah kolesterol yang telah ada di dalam tubuh menjadi asam empedu. Maka dari itu, kadar kolesterol dalam darah menurun. 

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dalam sebuah penelitian, kandungan asam jengkolat dalam jengkol dipercaya menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.Namun, asam jengkolat ini dapat membentuk kristal yang tidak larut oleh air. Sebaiknya, penderita gangguan ginjal menghindari hal ini.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut