get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Tampilkan Kesenian Sunda, Warga Balongsari Antusias Nikmati Ngarumat Jagad

Sabtu, 11 Desember 2021 | 20:16 WIB
header img
pertunjukan Kesenian Sunda di depan Monumen Rawagede

Karawang,iNews.id - Warga Desa Balongsari Kecamatan Rawamerta menyaksikan kesenian Sunda di depan Monumen Rawagede, Sabtu (11/12/2021).

Bukan hanya warga Balongsari saja yang menyaksikan hiburan rakyat dari pagi hingga sore hari, namun banyak juga pengunjung dari berbagai pelosok daerah lainnya turut menyaksikan kesenian Sunda diantaranya arak Dongdang, arak odong odong, calung dan jaipong.

Salah seorang warga Desa Balongsari Hamid mengaku merasa puas dengan adanya hiburan rakyat kesenian Sunda. Terlebih acara ngarumat jagat ini baru pertama kalinya digelar dilokasi Monumen Rawagede.

"Terus terang kita merasa terhibur dengan adanya pagelaran kesenian Sunda. Apalagi selama dua tahun pandemi ini warga masyarakat tidak pernah menikmati hiburan kesenian Sunda seperti ini,"tutur Hamid.

Sebelumnya Ketua Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) Karawang Rere mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan ngarumat Jagat  ini tujuannya untuk mengingat kembali budaya sunda bagi warga Asli Karawang. Menurutnya kegiatan ini berlangsung 3 hari, mulai tanggal 9 hingga 11 Desember.

Di dalam kegiatan ini kata Rere, warga Karawang bisa menyaksikan berbagai kegiatan seni budaya asli Karawang seperti topeng banjet, tari jaipong, arak dongdang, pencaksilat , debus, dan sejumlah permainan Sunda diantaranya Engrang, Dampu, serta main galah.

"Kita berharap kesenian Sunda menjadi tuan rumah di kota Pangkal Perjuangan ini,"harapnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut