get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

PKL Pasar Rengasdengklok Menanggapi Relokasi : Kita Bukan Hewan!

Senin, 05 Desember 2022 | 12:18 WIB
header img
Siti Jubaedah (merah) dan Engkom (biru), keduanya pedagang kaki lima penjual bumbu dapur. (Foto: Faizol Yuhri)

Pada dasarnya pedagang kaki lima tidak menolak untuk pindah ke Pasar Proklamasi. Dengan catatan, pemerintah memberikan solusi atas harga jual kios yang tidak terjangkau kantong pedagang. 

“Kalau kita dihadapkan dengan kondisi seperti ini, jangankan bayar (cicilan) satu bulan, satu hari pun sudah mikir. Kita bukan hewan, kita manusia. Kami setuju pindah, tapi jangan dibebani. Tolong Pemda bijaksana, lebih mementingkan rakyat. Nangis pedagang kecil ini,” imbuh Siti. 

Pedagang juga menyesalkan keributan yang terjadi sebagai buntut dari relokasi. Keributan itu membuat pelanggan mereka enggan berbelanja ke pasar. Akibatnya, omzet mereka menurun. 

“Sekarang yang belanja pada takut. Tidak ada yang belanja dari pagi. Yang belanja baru mulai mau ke pasar, dengar-dengar ada demo, pulang lagi. Yang ada kita susah.”

“Kalau sampai anarkis (ribut) seperti ini, kata saya, tidak bagus. Anarkis seperti ini karena di sana (pemerintah) tidak mengerti kita. Kayak kemarin (pedagang) yang di sana diobrak-abrik (direlokasi), mereka butuh makan, anaknya butuh jajan. Mereka (jadi) tidak jualan, (karena) dipindahkan ke sana, sedangkan mereka masih di sini. Dari mana penghasilan mereka?” katanya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut