get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Terkait Corak Kulitnya Zebra Miliki Fakta Unik dan Menarik, Apa Saja?

Minggu, 04 Desember 2022 | 11:41 WIB
header img
Foto: Alamy

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Diolah dari Live Science, Selasa (29/11/2022), ciri yang paling menonjol dari zebra adalah pola corak pada kulitnya dan merupakan karakteristik hewan ini.

Terlebih Zebra adalah hewan berkuku tunggal yang berasal dari Afrika. Ia bersama kuda dan keledai sebenarnya berada dalam satu genus yang disebut Equus.

Sepertinya jarang diketahui oleh orang banyak, ternyata ada sejumlah fakta unik tentang kulit zebra ini. Secara umum, sebagian besar orang menganggap zebra dominan dengan warna putih dan garis hitam.

Namun, fakta menunjukkan justru sebaliknya. Sebenarnya, zebra memiliki kulit hitam dengan corak garis-garis putih. Garis pada zebra itu, berakhir di perut dan sisi dalam kaki yang berwarna putih.

Menariknya, setiap zebra memiliki pola garis berbeda-beda dan dipastikan tidak ada yang sama.

Contoh, zebra grevy memiliki garis yang sangat tipis. Sedangkan, zebra gunung memiliki garis vertikal di leher dan batang tubuh, serta garis horizontal di paha.

Kemudian, beberapa spesies subzebra memiliki garis bayangan kecoklatan di antara garis hitam.

Menurut National Geographic, garis-garis tersebut diyakini bekerja sebagai kamuflase. Misalnya, ketika zebra berdiri bersama, lebih sulit bagi predator untuk menentukan berapa jumlah hewan tersebut dalam sebuah kelompok.

Garis tersebut, juga membuat zebra tampak tidak menarik bagi predator kecil, seperti lalat pengisap darah. Selain itu, garis pada zebra dapat menjadi tabir surya alami bagi hewan yang berhabitat di Afrika ini.

Uniknya, setiap zebra memiliki pola garis berbeda satu dengan yang lainnya. Sama seperti sidik jari manusia, tidak ada yang sama satu dengan yang lain.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut