12 Deretan Makanan yang Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone
.
Kamis, 24 November 2022 | 12:14 WIB
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Setiap orang tua seringkali merasa sedih ketika sang anak tidak ingin makan. Penurunan nafsu makan anak disebabkan beberapa hal. Diantaranya tumbuh gigi, diare, demam ataupun sariawan di bibir. Padahal peran gizi dari makanan sangatlah penting bagi pertumbuhannya.

Belum lagi kebiasaan ngemil makanan tinggi gula atau terlalu banyak minum susu, ini dapat berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Sebagai salah satu upaya mengatasi masalah makan tersebut, orang tua perlu menyajikan asupan yang tepat.

Ada beberapa jenis makanan penambah nafsu makan anak yang dapat diberikan, berikut seperti dilansir dari KlikDokter:

Jahe

Jenis rempah yang satu ini dapat melegakan masalah pencernaan, seperti perut kembung, mual, atau muntah – semua ini bisa menjadi penyebab anak tidak nafsu makan.

Orang tua dapat menyiasatinya dengan menyajikan jahe dalam sup, sayuran tumis, nasi tim, atau dalam bentuk minuman dengan dicampur bersama air dan madu. Selain jahe, jenis rempah-rempah lain seperti peppermint, mint, kayu manis, dan ketumbar juga bisa dijadikan pilihan.

Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi makanan penambah nafsu makan anak, karena mengandung tinggi probiotik. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan sekaligus meningkatkan keinginan untuk makan. Yoghurt juga kaya kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Dalam pemberian yoghurt, sebaiknya pilih yang rasanya tawar (plain) dengan kandungan gula yang rendah. Takut masih terasa asam? Tambahkan potongan buah yang manis, anak pasti suka.

Minyak Ikan

Minyak ikan bisa orang tua berikan agar anak mau makan. Sebuah penelitian mengatakan, omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan berperan dalam menurunkan rasa kenyang setelah makan dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Walau begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk dapat menyimpulkan hal ini secara menyeluruh, khususnya untuk anak-anak. Tapi tak ada salahnya untuk memberikan minyak ikan kepada anak, apalagi kandungan omega-3 sangat baik untuk pertumbuhan otak.

Kacang-kacangan

Kacang mete, kacang almond, dan kacang tanah dapat diberikan kepada anak ketika ia mogok makan. Menurut beberapa penelitian, kandungan zink pada kacang-kacangan bisa menambah nafsu makan. Di samping zink, kacang juga mengandung tinggi protein, asam lemak, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh anak.

Perlu diingat, bagi anak yang belum mampu mengunyah, kacang perlu dilumatkan. Hal ini agar biji kacang tidak masuk ke saluran pernapasan dan menyebabkan anak tersedak.

Kentang

Salah satu penyebab anak tidak nafsu makan adalah bosan dengan jenis dan bentuk makanan yang itu-itu saja. Sesekali, kreasikanlah makanan untuk menambah nafsu makan si Kecil.

Contoh mudah adalah dengan mengganti sumber karbohidrat anak dari nasi menjadi kentang. Kentang mengandung zink, meskipun sumber terbanyaknya dari daging. Banyak penelitian menyatakan, seseorang yang mengalami defisiensi zink akan mengalami perubahan selera dan nafsu makan. Lebih lanjut, penelitian lain mengatakan suplemen zink yang diberikan kepada anak dapat meningkatkan nafsu makan.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini