get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Hati-hati! Berikut 3 Ciri Beras yang Tak Layak Dikonsumsi

Rabu, 23 November 2022 | 17:10 WIB
header img
Ilustrasi beras. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas ciri-ciri beras yang sudah tidak layak di konsumsi. Beras yang sudah tidak layak biasanya beras yang sudah kadaluarsa atau penyimpanannya yang tidak tepat sehingga beras menjadi busuk sebelum waktunya.

Beras yang tidak layak konsumsi dan masuk ke dalam tubuh, bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus paham kriteria beras busuk yang sudah tidak layak dikonsumsi.

1. Bau tak sedap: Beras busuk punya bau tak sedap sehingga menghilangkan selera makan. Jika menemukan beras dengan kondisi seperti ini, sebaiknya jangan dikonsumsi karena nilai gizi pastinya sudah menurun, serta dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

2. Ada jamur: Umumnya, beras busuk ditumbuhi jamur yang dikhawatirkan mengandung jenis kelompok jamur yang beracun dan berbahaya untuk kesehatan. Beberapa jenis jamur dapat menghasilkan racun yang disebut dengan mikotoksin. Maka dari itu, segera hindari jika melihat adaa jamur pada beras ya!

3. Ada kutu: Beras yang sudah terdapat kutu sebaiknya tidak usah dikonsumsi. Selain membuat kita berusaha lebih untuk memisahkan kutu dari beras, kondisi seperti ini juga dapat menimbulkan efek samping terhadap tubuh.

Nah, agar beras tetap layak konsumsi selama belum kadaluarsa, perhatikan cara menyimpan beras dengan baik. Misalnya, gunakan wadah tertutup dan pastikan dalam kondisi kering, bersih, dan kencang.

Perhatikan juga suhu lingkungan serta kelembapan tempat Anda menyimpan beras. Jangan simpan beras di ruangan yang terlalu lembap karena dapat mengundang kutu muncul di timbunan beras.

Artike ini telah tayang di Okezone dengan judul Catat! Ini 3 Kriteria Beras yang Sudah Tak Layak Konsumsi

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut