get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata Nonton Film Horror Ada Manfaatnya Lho! Salah Satunya Hilangkan Stres dan Kecemasan

Senin, 21 November 2022 | 16:27 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Menonton film bukan hanya untuk merasakan sensasinya dan perasaan meriding saja, namun menonton film horror ternyata memiliki beberapa manfaat bagi tubuh.

Selain mengundang rasa takut dan cemas setelah menontonnya, film horor sebenarnya bisa baik untuk kesehatan Anda. Walaupun terdengar aneh, ternyata banyak penelitian yang membuktikan bahwa nonton film horor memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Berikut empat manfaat menonton film horror bagi kesehatan seperti dilansir dari Healthline:

1. Menghilangkan Stres dan Kecemasan

Menurut sebuah studi pada tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Neurolmage menyatakan bahwa film horror dapat membantu menghilangkan stres dari kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu, dapat membuat penontonnya lebih tangguh dan kuat.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kalau kamu nonton film horor karena ingin merasakan sesuatu yang berbeda yang bahkan belum pernah kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Saat sedang stres, kamu perlu mencari pelampiasan yang berguna untuk melegakan hatimu. Salah satunya dengan cara menonton film horror.

2. Membantu Melepaskan Hormon Bermanfaat

Adegan menakutkan dalam film horor dapat memompa adrenalin kita. Namun, kebanyakan orang tidak tahu bahwa ketika adegan menakutkan berakhir, otak menjadi tenang dan melepaskan hormon serotonin dan dopamin. Hormon-hormon itu membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan mempertahankan aktivitas otak tingkat tinggi.

3. Membakar Kalori

Film horor bukanlah jalan alternatif untuk olahraga teratur di gym. Namun, satu film berdurasi 90 menit dengan adegan seram bisa membakar 100 hingga 200 kalori. Itu sama dengan sebatang cokelat kecil. Selain itu, menonton film horor juga baik untuk detak jantung maupun pernapasan.

4. Meningkatkan Aktivitas Otak dan Tingkat Adrenalin

Beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa adegan menakutkan dalam film horor membantu meningkatkan tingkat adrenalin dan melepaskan neurotransmitter di otak.

Sederhananya, ketika kita menonton film horor, kita tidak hanya melihat ke monitor tetapi juga tidak sedikit yang menganalisis semua yang terjadi di layar, mencoba menemukan solusi yang memungkinkan, dan memikirkan apa yang akan mereka lakukan dalam situasi yang sama.

Karena itu, jika Anda merasa sangat lelah dan tertekan, jangan ragu untuk menonton film horor untuk menyegarkan pikiran dan kembali bekerja dengan kekuatan baru.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 4 Manfaat Nonton Film Horor, Salah Satunya Membakar Kalori

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut