get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Hujan Lebat Disertai Angin, 1 Rumah di Pedes Rusak

Kamis, 17 November 2022 | 15:32 WIB
header img
Akibat hujan lebat disertai angin kencang, 1 bangunan rumah di Dusun kondangjaya 01/04, Desa Karangjaya, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang rusak tertimpa pohon tumbang. (Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Akibat hujan lebat disertai angin kencang, 1 bangunan rumah di Dusun kondangjaya 01/04, Desa Karangjaya, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang rusak tertimpa pohon tumbang

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Unang Komara S, mengatakan bahwa, pada insiden tersebut tidak ada korban jiwa, hanya bangunannya saja yang mengalami rusak sedang. 

"Alhamdulillah, kami sudah assesment ke lokasi kejadian, dari 5 orang yang menghuni rumah tersebut aman dan kini sudah kita evakuasi penghuni serta pohon yang menimpa rumah tersebut," ungkapnya, Kamis (17/11/2022).

Lanjutnya, Ia juga mengatakan bahwa kerugian material yang dialami pemilik rumah sekitar Rp11 juta.

"Untuk kebutuhan korban, saat ini mereka membutuhkan banyuan logistik bangunan, makanan dan kebutuhan logistik lainnya," ujarnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa, hari ini ada sekitar 5 titik lokasi rumah yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang di Kabupaten Karawang. 

"Akibat hujan lebat dan angin yang kencang yah jadi pohon-pohon tua ini tumbang dan menimpa rumah warga yang berada disekitar pohon tersebut," katanya.

Untuk mengantisipasi bencana pohon tumbang, dirinya juga mengimbau masyarakat khususnya di Kabupaten Karawang untuk menebang pohon-pohon tua yang berada di lingkungan sekitarnya. 

"Antisipasi ya, jika memang di sekitar rumah kita ada pohon yang lapuk, sudah tua dan dirasa akan tumbang. Segera gotong royong bersama masyarakat sekitarnya untuk menebang pohon-pohon yang dirasa akan tumbang. Mengingat saat ini curah hujan sedang tinggi dan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak terduga. Dan bila melihat pohon pohon dipinggir jalan terlihat rawan patah atau tumbang, silakan lapor ke satgas bencana kecamatan, biar kami BPBD dan instansi terkait yang melaksanakan penebangan," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut