get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Siapakah yang Wajib Bayar Zakat Fitrah?

Kamis, 10 November 2022 | 18:05 WIB
header img
Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id -  Membayar suatu zakat adalah suatu kewajiban umat Islam. Secara umum, zakat terbagai menjadi dua kategori yakni zakat fitrah dan zakat maal (harta).

Penerima zakat atau mustahik ditegas atau disebutkan dalam suaty surat At-Taubah ayat 60, Allah berfirman: "Sesungguhnya shadaqah (zakat) itu hanya untuk orang-orang fakir, miskin, amil zakat, muallaf, riqab (hamba sahaya), gharimin (orang yang berhutang), fi sabilillah dan ibnu sabil".

Adapun tentang siapa saja yang wajib membayar zakat, ustadz Ahmad Fauzi Qosim dari Dompet Dhuafa menukil ulasan Syeikh Muhammad bin Qasim Al-Ghazi dalam kitab Fathul Qarib. Mereka adalah orang yang memenuhi syarat di bawah ini:

الإسلام، فلا فطرة على كافر أصلي إلا في رقيقه وقريبه المسلمين، وبغروب الشمس من آخر يوم من شهر رمضان، وحينئذ فتخرج زكاة الفطر عمن مات بعد الغروب دون من ولد بعده، ووجود الفضل، وهو: يسار الشخص بما يفضل عن قوته وقوت عياله في ذلك اليوم، أي: يوم عيد الفطر، وكذا ليلته أيضا. ويزكي الشخص عن نفسه وعمن تلزم نفقته من المسلمين، فلا يلزم المسلم فطرة عبد وقريب وزوجة كفار، وإن وجبت نفقتهم

1. Beragama Islam,

2. Menemui dua waktu yaitu di antara bulan Ramadhan dan Syawal walaupun hanya sesaat,

3. Mempunyai harta yang lebih dari pada kebutuhannya sehari-hari untuk dirinya dan orang-orang di bawah tanggungan pada hari raya dan malamnya.

Ada juga syarat tidak wajib zakat fitrah menurut Jumhur Ulama, yakni:

1. Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada akhir Ramadhan, apabila saat masih hidup (awal ramadhan) zakatnya sudah ditunaikan, maka hal tersebut menjadi sedekah,

2. Anak yang lahir selepas terbenam matahari pada akhir Ramadhan,

3. Orang yang baru memeluk agama Islam sesudah matahari terbenam pada akhir Ramadhan,

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut