Bawaslu Karawang Minta Peserta Pemilu Jangan Bawa Isu Politik Identitas

Faizol Yuhri
.
Selasa, 01 November 2022 | 13:45 WIB
Bawaslu Karawang berpesan kepada seluruh peserta pemilu agar tidak membawa isu SARA dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang. (Faizol Yuhri)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Karawang berpesan kepada seluruh peserta pemilu agar tidak membawa isu SARA dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Divisi Pengawasan Bawaslu Karawang Suryana Hadi Wijaya menuturkan, politik identitas dan isu SARA kerap menimbulkan perpecahan dan pemicu efek negatif di tengah masyarakat.

"Isu identitas, isu ini sangat eksotis. Khusus untuk parpol kita juga tekankan untuk tidak menggunakan isu soal agama, suku atau ras di Pemilu nanti," kata dia.

Suryana tak menampik dalam momen pemilu, isu politik identitas bemuatan sara kerap terjadi dan memberikan dampak yang kurang baik.

Menurutnya, isu politik identitas maupun isu sara berpotensi tinggi terjadi, terlebih saat momen pemilihan Presiden.

"Potensinya sangat besar terjadi, apalagi saat momen pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, maka untuk mengantisipasi itu, Bawaslu melakukan sosialisasi-sosialisasi seperti ini sebagai salah satu pendidikan politik juga," ujarnya.

Ia juga berharap Pemilu 2024 bisa berjalan lancar, tidak terjadi perpecahan di antara masyarakat dan berpikir jernih menentukan pilihannya.

"Sosialisasi ini akan terus kita lakukan ke unsur masyarakat, agar di Pemilu 2024 nanti bisa berjalan dengan lancar tidak terjadi perpecahan khususnya di Karawang, semoga semuanya kondusif," tutupnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini