get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ingin Ginjal Sehat? Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini

Selasa, 25 Oktober 2022 | 09:36 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Terkait permasalahan  kesehatan ginjal yang kini tengah ramai jadi perhatian pemerintah dan masyarakat seiring terus bertambahnya angka kasus gangguan ginjal akut di Indonesia belakangan ini. 

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), hingga 18 Oktober 2022 total Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal/Acute Kidney Injury (AKI) telah mencapai 206 kasus, dan mengakibatkan sebanyak 99 anak meninggal dunia. 

Sejatinya, penyakit gangguan ginjal tak pandang bulu. Sebab, bukan hanya bisa menyerang anak-anak, tapi juga bisa dialami oleh orang dewasa. Salah satu cara menjaga kesehatan organ ginjal, agar tetap prima di tengah serangan masalah gangguan ginjal adalah dengan mengonsumsi makanan baik untuk menyehatkan ginjal. 

Apa saja makanan yang direkomendasikan untuk menyehatkan organ ginjal? Melansir Medical News Today, Kamis (20/10/2022), berikut enam makanan yang bisa membantu menyehatkan ginjal. 

1. Air: Air mineral merupakan minuman yang paling penting bagi tubuh. Sel-sel menggunakan air untuk mengangkut racun ke dalam aliran darah. Ginjal memakai air untuk menyaring racun keluar dan untuk membuat urin yang mengangkutnya keluar dari tubuh. 

2. Ikan berlemak: Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3 sendiri loh! Ini artinya harus didapatkan berasal dari makanan. Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan ikan berlemak lainnya merupakan sumber alami yang bagus dari lemak sehat ini. Menurut National Kidney Foundation , lemak omega-3 ikan bisa mengurangi kadar lemak dalam darah dan juga sedikit menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko penyakit ginjal. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut