get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mengenal 9 Wali Songo, Tonggak Penyebaran Ajaran Islam di Tanah Jawa

Minggu, 16 Oktober 2022 | 16:06 WIB
header img
Nama-nama wali songo. (Foto : Screenshot ayo berbagi.kemendikbud)

4. Sunan Drajat
Nama asli Sunan Drajat adalah Raden Qosim. Ia merupakan anak dari Sunan Ampel. Dalam menyebarkan agama Islam di Jawa, Sunan Drajat selalu melakukannya dengan tindakan sosial, seperti membantu anak yatim hingga fakir miskin.

5. Sunan Giri
Nama-nama Wali Songo berikutnya ada Sunan Giri. Ia memiliki nama asli Raden Paku yang merupakan putra Maulana Ishaq. Ia ditugaskan Sunan Ampel untuk menyebarkan agama Islam di Banyuwangi. Berkat hal itu, agama Islam dikenal hingga ke luar Jawa, seperti Ternate dan Maluku.

6. Sunan Kalijaga
Nama asli Sunan Kalijaga adalah Jaka Said. Ia merupakan Wali Songo yang paling terkenal karena merupakan wali, mubaligh, pejuang, pujangga sekaligus filsuf berjiwa besar. Jasanya adalah menyebarkan agama Islam melalui seni wayang dan gamelan.

7. Sunan Kudus
Nama asli Sunan Kudus adalah Ja'far Shodiq. Ia merupakan anak dari Raden Mas Usman Haji atau Sunan Ngundung. Beliau banyak mengarang cerita pendek berisi filsafat agama Islam.

8. Sunan Muria
Nama asli Sunan Muria adalah Raden Umar Syaid. Jasanya dalam menyebarkan agama Islam adalah melalui media seni gamelan. Ia juga diketahui menciptakan gending sinom dan kinanti untuk dakwah. Makamnya berada di Gunung Muria

9. Sunan Gunung Jati
Nama asli Sunan Gunung Jati adalah Syarif Hidayatullah. Setelah menimba ilmu di Makkah, ia datang ke Demak dan menyebarkan agama Islam hingga ke Jawa Barat. Makamnya berada di Gunung Jati.

Artikel ini sudah terbit di iNews dengan judul Nama-nama Wali Songo dan Nama Aslinya yang Wajib Kamu Ketahui

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut