get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mengenal 9 Wali Songo, Tonggak Penyebaran Ajaran Islam di Tanah Jawa

Minggu, 16 Oktober 2022 | 16:06 WIB
header img
Nama-nama wali songo. (Foto : Screenshot ayo berbagi.kemendikbud)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Keberhasilan dalam penyebaran Islam di tanah jawa tidak terlepas dari peran penting para wali songo yang berjumlah 9 orang. Mereka semua menyiarkan Islam di Nusantara diperkirakan pada abad Ke - 19.

Wali Songo berasal dari Kata Wali berarti pembela, teman, pemimpin yang memiliki kedekatan dengan Allah SWT (Waliyullah). Sedangkan songo, memiliki arti sembilan.

Melansir buku 'Sejarah' terbitan Grasindo, berikut urutan Wali Songo

1. Maulana Maghribi 

Maulana Maghribi merupakan ulama keturunan Persia yang datang ke Indonesia. Ia memiliki nama asli Malik Ibrahim dan akrab disapa dengan nama Sunan Gresik. Ia dimakamnya di Gresik, Jawa Timur

Sunan Gresik menyebarkan agama Islam dengan cara mendekati pergaulan anak negeri, bertutur kata lembut dan penuh ramah tamah. Berkat hal itu, banyak masyarakat yang memeluk agama Islam.

2. Sunan Ampel
Nama aslinya Sunan Ampel adalah Raden Rahmat. Ia berasal dari Campa dan jasa-jasanya dalam penyebaran Islam di Tanah Jawa terlihat dari pembangunan Masjid Agung Demak tahun 1479 M.

3. Sunan Bonang
Nama asli Sunan Bonang adalah Raden Maulana Makdum Ibrahim. Ia merupakan putra dari Sunan Ampel dan Nyai AGeng Manila. Jasa-jasanya dalam menyebarkan agama Islam adalah mendirikan pondok pesantren di daerah Tuban. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut