get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

ESAI: Hari Pangan Sedunia di Tengah Ancaman Krisis Pangan Global

Minggu, 16 Oktober 2022 | 09:14 WIB
header img
Dr. Ir. H. M. Sholeh, M.M. (Foto : Istimewa)

Oleh: Dr. Ir. H. M. Sholeh, M.M (pemerhati masalah pertanian dan lingkungan, alumni PPRA LXIV Lemhannas RI)

KARAWANG, iNews.id- HARI ini 16 Oktober 2022  diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia ke-42.  Tema tahun ini ditetapkan FAO adalah "Leave No One Behind" yang artinya 

"Tidak Meninggalkan Siapa pun Dibelakang"
Tema ini diusung FAO ditengah ancaman krisis pangan global. Tema ini menunjukkan rasa kebersamaan warga dunia dalam menyikapi soal pangan. FAO berharap agar bangsa-bangsa di dunia sepakat, tidak boleh ada satu negara pun yang kekurangan pangan.

Ancaman krisis pangan dunia selain dampak dari ancaman perubahan iklim global, efek rumah kaca, dan ledakan bonus demografi global tak terhindarkan.  

Ancaman krisis pangan ini diperparah dengan dampak perang Rusia-Ukraina yang belum ada tanda-tanda berakhir dalam waktu dekat. Terganggunya rantai pasok pangan, energi dan beberapa produk semakin memperparah keadaan. Dampaknya 22 negara di dunia sudah menyatakan lebih mementingkan kebutuhan pangan di dalam negeri mereka atau dengan kata lain boikot ekspor komoditas pangan demi kebutuhan dalam negerinya.

Pemilihan tema Leave No One Behind menjadi tepat, pemenuhan pangan menjadi hak bagi setiap warga bangsa tak terkecuali. dengan tema ini pula tak boleh ada kelaparan di belahan dunia manapun. 

Komitmen para pemimpin dunia  untuk mencetuskan _Sustainable Development Goals (SDGs)_ pada tahun 2015 lalu, pada inti nya ingin mewujudkan kepada warga dunia tentang penting nya 17 Agenda Pembangunan yang wajib diselesaikan hingga tahun 2030. Dari ke 17 Agenda tersebut, yang disebut dengan *"dunia tanpa kemiskinan" dan "dunia tanpa kelaparan"*, telah ditetapkan sebagai prioritas untuk secepat nya diselesaikan.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut