get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Waspada, Dinkes Karawang Temukan 700 Kasus Baru Penularan HIV

Selasa, 11 Oktober 2022 | 16:04 WIB
header img
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinkes Karawang, Yayuk Sri Rahayu. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

"Itu salah satu upaya kami, selain mensosialisasikan bahaya dari seks bebas, penggunaan narkoba yang dapat menularkan hiv, kita juga memberikan pelayanan gratis bagi masyarakat Karawang yang ingin melakukan deteksi dini di Puskesmas," ujarnya.

Masih kata Yayuk, kini pihaknya sedang melakukan mapping terkait penderita berbagai penyakit menular lainnya di Kabupaten Karawang, guna memfokuskan pengendalian penyakit-penyakit tersebut. "Sudah dimulai dan kini sedang proses, insyaallah secepatnya akan kita publikasikan jika sudah selesai," katanya.

Kemudian, Ia juga mengimbau kepada masyarakat dirasa sering melakukan hal beresiko yang dapat terinfeksi HIV untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas maupun Rumah Sakit. 

"Seks bebas, narkoba, berhubungan intim tidak menggunakan alat kontrasepsi dan juga penyuka sesama jenis, segera periksa agar segera dideteksi positif atau tidaknya, jika positif, akan langsung kita beri pengobatan. Dan ingat, HIV ini bukan urusan satu atau dua nyawa saja, melainkan dapat berdampai sampai pada generasi penerus kita," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut