get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Pemprov dan PWI Jabar Sukses Selenggarakan UKW di 8 Daerah

Cegah Identitas Bangsa Sunda Hilang, Disparbud Jabar Lestarikan Bahasa Sunda

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 15:24 WIB
header img
Pra-Kongres Bahasa daerah Wilayah Budaya Priangan di Hotel Papandayan, Kota Bandung. (Foto: iNews Karawang/Muhtar Galuh Ardian)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Puluhan pelaku budaya khususnya pemerhati bahasa daerah serta sastrawan, hadir dalam rangka Prakongres Bahasa Daerah Wilayah Budaya Priangan. Pagelaran tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar).

Prakongres Bahasa daerah Wilayah Budaya Priangan, turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bahctiar, serta hadir juga kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan, beserta Neni Martini selaku Sub Koordinator pengembangan kebudayaan.

Dalam pagelaran tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar berjanji akan melestarikan bahasa sunda, sehingga ke depan akan disusun regulasinya dalam bentuk Pergub atau Perda.

Menurut Kepala Disparbud Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan, kegiatan prakongres bahasa daerah budaya priangan ini, sebagai bentuk kekhawatiran bersama dari budayawan sastrawan dan Pemprov Jabar terhadap kelestarian bahasa Sunda di masa yang akan datang. 

"Pelestarian bahasa Sunda juga dapat menjadi langkah awal penguatan komitmen agar lebih terarah dan berkelanjutan," demikian kata dia, Jumat, (7/10).

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut