get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Peninggalan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia Adalah Samudera Pasai

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 11:28 WIB
header img
Kerajaan Islam tertua di Indonesia adalah samudera pasai. (Foto : iNews.id/ Ist)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Samudera Pasai. Melansir buku 'Bahas Tuntas 1001 Soal IPS SD' terbitan Pustaka Widyatama, Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam di Sumatera, tepatnya di Lhokseumawe, Aceh.

Kerajaan ini berdiri pada abad ke-13 setelah kerajaan Sriwijaya mengalami kemerosotan. Raja pertama yang memimpin Samudera Pasai adalah Marah Silu dengan gelar Sultan Malik A Saleh.

Kemudian, raja-raja dari kerajaan Samudera Pasai adalah Sultan Malik Al-Saleh, Sultan Malik At-Tahir, Sultan Malik At-Tahir II dan Sultan Zaenal Abidin. Adapun, masa kejayaan Samudera Pasai terjadi di bawah pemerintahan Sultan malik At-Tahir II.

Hal itu terbukti dari kemajuan perdagangan di Samudera Pasai. Bahkan, kerajaan tersebut menjadi pusat perdagangan dan penyebaran agama Islam.

Sementara itu, peninggalan kerajaan Samudera Pasai adalah mata uang emas dan makam Raja Malik Al-Saleh di Gedong Aceh Utara. Pada tahun 1510 - 1530, Portugis datang dan menguasai Samudera Pasai.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut