Hukum Tajwid Surat Al Jatsiyah Ayat 12-13

Rilo Pambudi
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 19:15 WIB
Hukum Tajwid Surat Al Jatsiyah Ayat 12-13 (Foto: Sena Koksal)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Surat Al Jatsiyah merupakan surah ke-45 dalam Al Qur'an dan tergolong sebagai surah Makkiyah yang terdiri atas 37 ayat. Nama Al-Jasiyah artinya adalah 'Yang Berlutut' diambil dari kata Jaatsiyah yang terdapat pada ayat 28 surah ini. 

Ayat 12-13 dalam surat ini berisi tentang tanda-tanda kekuasaan Allah yang menundukkan lautan dan langit serta bumi seisinya.

Berikut ini adalah hukum tajwid Surat Al Jatsiyah Ayat 12-13 lengkap dengan bunyi ayat, latin, terjemahan, dan penjelasannya secara rinci yang dilansir iNews.id.

1. Ayat 12

ٱللَّهُ ٱلَّذِى سَخَّرَ لَكُمُ ٱلْبَحْرَ لِتَجْرِىَ ٱلْفُلْكُ فِيهِ بِأَمْرِهِۦ وَلِتَبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِهِۦ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Latin: Allāhullażī sakhkhara lakumul-baḥra litajriyal-fulku fīhi bi`amrihī wa litabtagụ min faḍlihī wa la'allakum tasykurụn

Artinya: Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur.

Hukum Tajwid Ayat 12:

1. ٱللَّهُ = 

Tafkhim. Karena lafadz Allah didahului oleh huruf hijaiyah hamzah berharakat fathah. Dibaca tebal.

2. ٱلَّذِى =

 Alif Lam Syamsiyah. Karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).

3. ٱلَّذِى =

 Mad Thabi’i. Karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. ٱلْبَحْرَ = 

Alif Lam Qamariyah. Karena huruf alif lam bertemu huruf ba'. Dibaca secara jelas.

5. لِتَجْرِىَ =

Qalqalah Sughra. Karena huruf qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

6. ٱلْفُلْكُ =

 Alif Lam Qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf fa'. Dibaca secara jelas.

7. فِيهِ = 

Mad Thobi’i. Karena huruf fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

8. بِأَمْرِهِۦ =

Idzhar Syafawi. Karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ra'. Cara membacanya dengan jelas.

Ada juga Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.

9. وَلِتَبْتَغُوا۟ = 

Qalqalah Sughra. Karena huruf qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

Ada juga Mad Thabi’i karena huruf ghain berharakat dammah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. مِن = 

Ikhfa. Karena huruf nun sukun bertemu huruf fa'. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.

11. فَضْلِهِۦ = 

Mad Shilah Qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat

12. وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُ =

 Idzhar Syafawi. Karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ta'. Cara membacanya dengan jelas.

13. تَشْكُرُونَ =

 Mad Arid Lissukun. Karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini