get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Kesempatan Emas Bagi Siswa SMA/SMK dan Umum, UI Buka Program Pre-University

Selasa, 04 Oktober 2022 | 20:16 WIB
header img
UI/Humas UI. (Foto :Ist)

JAKARTA,iNewsKarawang.id - Bagi peserta didik SMA/SMK dan juga umum jenjang S1/S2 yang ingin melanjutkan pendidikannya,  Universitas Indonesia (UI) membuka program Pre-University (Pre-U) 

Melalui Center of Independent Learning (CIL), nantinya, peserta didik akan dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di UI secara online 

Hal ini tentunya dalam seleksi masuk sebagai mahasiswa UI dari jenjang S1 atau S2 sesuai skema credit-earning yang ditetapkan oleh prodi, keberhasilan peserta dalam mengumpulkan mikro-kredensial dapat menjadi pertimbangan 

Credit earning adalah SKS yang menjadi tabungan peserta program Pre-U sehingga saat diterima berkuliah di UI tidak perlu mengambil Mata Kuliah (MK) yang sudah ditawarkan di Pre-U.

Diketahui, program ini digagas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Profesor Dr. rer. nat. Abdul Haris, CIL UI, serta Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) UI dan diluncurkan pada Agustus yang lalu.

Peserta yang mengikuti program ini akan wajib memenuhi 16 pekan atau 14 topik kuliah.

Jika peserta lulus Pre-U dan diterima berkuliah di F. Psi UI melalui jalur yang tersedia baik seleksi nasional maupun seleksi mandiri dan sudah mengambil MK Pre-U Penulisan Ilmiah dan lulus, maka ia tidak lagi perlu mengmambil MK penulisan ilmiah lagi saat menjadi mahasiswa F. Psi UI.

Tentunya hal ini juga berlaku untuk mata kuliah Pre-U lainnya yang sudah ditabung.

Cara Mendaftar Pre-University UI

1. Kunjungi website CIL untuk melihat informasi pendaftaran di https://cil.ui.ac.id/

2. Peserta akan mendapatkan informasi berupa daftar mata kuliah yang tersedia sebagai mata kuliah Pre-U dan bisa dicek di laman ini: https://cil.ui.ac.id/marketplace.

3. Unduh dan isi berkas kesanggupan mengikuti program Pre-U yang terdapat di tajuk/headline website CIL.

4. Pendaftar mendaftar di website ILIST dengan klik tombol daftar di sebelah tombol 'Download surat penyelenggaraan Pre-U'.

5. Buat akun ILIST dengan 'Daftar Sebagai Mahasiswa Non-UI' di website CIL hhtps://cil.ui.ac.id/marketplace/login.

6. Isi data diri seperti nama, e-mail, password nama universitas/PT (pilihlah _umum(Non-Mahasiswa)) dam klik buat akun.

7. Selesai buat akun, pendaftar bisa login dengan akun yang sudah dibuat.

8. Untuk melakukan pendaftaran program Pre-U, pendaftar perlu mengisikan info profil terlebih dahulu untuk mendaftar sebagai peserta dari program Pre-U.

9. Klik program MBKM UI yang ada di sebelah kiri, kemudian klik pada menu bagian 'Perukaran Mahasiswa' untuk melakukan pendaftaran Mata Kuliah Pre-U.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut