get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Misteri Perempuan Berbaju Merah di Gunung Arjuno, Para Pendaki Jangan Melakukan Ini

Selasa, 04 Oktober 2022 | 17:41 WIB
header img
Misteri pelarangan memakai baju merah (Foto: Instagram @yoiki_malang / @kia_alc)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Seperti kebanyakan gunung yang terdapat di Indonesia. Gunung Arjuno juga pasti menyimpan mitos dan ceritanya tersendiri. Gunung Arjuno dipercaya memiliki banyak tempat petilasan, sehingga di sana terdapat banyak larangan atau pantangan.

Menurut mitos, petilasan digunakan oleh orang zaman dahulu untuk melakukan ritual atau pertapaan. Masyarakat di sekitar percaya, orang yang melakukan pertapaan itu adalah moksa atau menghilangkan jasadnya.

Lalu, mitos selanjutnya ada Alas Lali Jiwo. Alas Lali Jiwo jika diartikan berarti Hutan Lupa Jiwa. Dinamai seperti itu, konon katanya ketika berada di kawasan tersebut pendaki bisa lupa diri. Terlebih lagi jika orang yang memiliki pikiran jahat atau orang-orang yang melanggar peraturan di hutan tersebut.

Adapun pantangan di dalam hutan Alas Lali Jiwo tersebut yang sering dilanggar oleh pendaki adalah sikap sombong. Biasanya jika pendaki yang memiliki sifat sombong tersebut akan membuat dirinya sendiri tersesat atau hanya memutar di jalur itu-itu saja.

Lalu ada mitos lainnya dan pantangan untuk pendaki yang ingin ke Gunung Arjuno tersebut. Jika pendaki mengenakan baju merah, maka mitosnya pendaki tersebut akan mendapatkan kesialan atau sesuatu yang tidak diharapkan saat berada di kawasan Gunung Arjuno.

Walaupun memang takdir dan kesialan seseorang tidak hanya ditentukan dari warna pakaian apa yang mereka gunakan, namun alangkah baiknya menuruti pantangan yang ada di Gunung Arjuno tersebut jika ingin melakukan pendakian ke sana.

Meski mitos dan pantang tersebut untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, terkadang juga mitos untuk melindungi adat, budaya, kepercayaan setempat. Nah, lalu bagaimana? Apakah kalian penasaran dan ingin langsung mengunjungi Gunung Arjuno?

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut