get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 : Negara Guam Lawan Indonesia, Dibalik Laga Ada 5 Fakta Unik

Senin, 03 Oktober 2022 | 19:57 WIB
header img
Fakta negara Guam, lawan Timnas Indonesia U-17 di kualifikasi piala Asia U-17 2023. (Foto : instagram/@guam)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Timnas Indonesia U-17 dijadwalkan menghadapi Timnas Guam U-17 di laga pertama Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang dilangsungkan di Stadion Pakansari, Senin (3/10/2022) pukul 20.00 WIB.

Namun, setelah ditelisik lebih dalam, ternyata banyak fakta menarik dari negara Guam. Lantas, apa saja fakta yang dimaksud?

Berikut 5 fakta negara Guam lawan Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023:

1. Nenek Moyang Guam dari Indonesia

Nenek moyang masyarakat Guam disebut berasal dari Indonesia. Mengutip dari laman guam-online.com, penduduk asli Guam memiliki keturunan Indo-Malaya yang datang pada tahun 2000 sebelum masehi.

Karena itu, masih ada keterkaitan antara Indonesia dan Guam. Meski memiliki keterkaitan, bukan berarti skuad Timnas Indonesia U-17 bakal tampil seadanya.

Arkhan Kaka Putra dan kawan-kawan diprediksi bakal tampil gila. Kemenangan di atas 5-0 berpotensi disabet Timnas Indonesia U-17 atas Guam.

2. Hampir Diserang Rudal Korea Utara

Guam hampir diserang rudal oleh militer Korea Utara pada Agustus 2017. Hal itu imbas perseteruan antara pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dengan presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump.

Beruntung, Guam tetap eksis hingga sekarang. Bahkan negara kepulauan yang memiliki luas 541 kilometer itu masih dicap sebagai salah satu negara terindah di dunia

3. Anggota AFC

Federasi Sepakbola Guam (GFA) memilih Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sebagai tempat mereka bernaung. Padahal, secara geografis mereka bisa saja memilih zona Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF).

GFA memilih gabung AFC pada 1991. Berselang lima tahun, GFA resmi bergabung dengan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Kemudian pada 2002, Guam masuk Federasi Sepakbola Asia Timur atau biasa dikenal EAFF.

4. Pangkalan Militer Amerika Serikat

Guam menjadi pangkalan utama militer Amerika Serikat ketika perang dunia kedua berlangsung pada 1939 hingga 1945. Amerika Serikat memilih Guam sebagai pangkalan militer karena dekat dengan jalur-jalur yang sering mereka tuju, yakni Laut Cina Selatan, Korea Selatan dan Selat Taiwan.

5. Masuk Wilayah Amerika Serikat

Guam berada di Samudera Pasifik, yang mana berada di antara Filipina dan Hawai. Namun, uniknya Guam masuk ke dalam wilayah Amerika Serikat.

Menurut laporan BBC, orang-orang yang lahir di Guam merupakan warga negara Amerika Serikat. Namun, warga Guam tak berhak mengikuti pemilihan umum di Amerika Serikat, baik itu presiden maupun anggota senat.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut