Operasi Zebra Lodaya di Karawang, Pelanggar Tidak Ditilang Hanya Ditegur

Iqbal Maulana Bachtiar
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 14:15 WIB
Polres Kabupaten Karawang menggelar operasi Zebra Lodaya tahun 2022 yang dimulai pada 3 Oktober sampai 16 Oktober 2022. (Foto: iNewsKarawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Dalam upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang presisi di Kabupaten Karawang, Polres Kabupaten Karawang menggelar operasi Zebra Lodaya tahun 2022 yang dimulai pada 3 Oktober sampai 16 Oktober 2022. 

Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Karawang, AKP La Habibi Ade Jama mengatakan pada pelaksanaannya, operasi Zebra Lodaya tahu ini rencananya akan dilakukan di seluruh wilayah di Kabupaten Karawang dengan menyasar pengendara roda 2 dan roda 4 yang melanggar aturan berlalu lintas dan juga tempat-tempat yang rawan kemacetan. 

"Intinya operasi Zebra Lodaya ini mengedepankan kegiatan humanis, yaitu memberikan tindakan preventif seperti imbauan dan sosialisasi. Dan juga, preventif seperti hadir di tengah-tengah masyarakat di tempat-tempat yang rawan kecelakaan dan juga rawan kemacetan. Sedangkan, untuk represifnya adalah teguran, bukan tilang. Namun, jika ada pengendara yang membahayakan orang lain atau ugal-ugalan, wajib dengan melakukan tilang secara elektrik," ungkapnya, Senin (3/10/2022).

Kemudian, ia juga mengatakan, jika pihaknya memberikan sosialisasi operasi ini di setiap lampu merah dan juga perhentian kendaraan yang ada di Karawang secara lugas menggunakan megafon dan juga pemberian brosur ataupun pamflet terkait pelaksanaan operasi.

"Untuk pelanggarannya, kita fokus ke 7 prioritas pelanggaran lalu lintas, seperti menerobos lampu merah, tidak memakai helm saat berkendara, bonceng tiga, melawan arus dan beberapa yang lainnya. Namun, jika ada pelanggaran yang memerlukan penanganan lebih, maka kita akan laksanakan," ucapnya.

"Semoga dari pelaksanaan kegiatan operasi ini dapat mengurangi tindak kecelakaan lalu lintas dan juga tertibnya lalu lintas di Kabupaten Karawang," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri
Bagikan Artikel Ini