get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Begini Hukum Membaca Surat Yasin di Malam Jum'at

Minggu, 02 Oktober 2022 | 14:33 WIB
header img
Hukum membaca surat Al-Yasin di malam jum'at merupakan amalan yang dianjurkan. (Foto : Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Direktur Aswaja Center PWNU Jatim, KH Ma'ruf Khozin mengatakan, bagi yang baru tahu hadis yang menganjurkan baca surat-surat tertentu di malam Jumat, akan mengira hanya surat Al-Kahfi saja. Padahal menurut ulama ahli hadis dari Mesir ada banyak:

اااااءااااااااء

Ketahuilah bahwa yang sudah diketahui untuk dibaca di malam Jumat atau hari Jumat bukanlah Surat Al-Kahfi saja seperti yang diamalkan di pondokan dan madrasah. Sungguh ada banyak hadis yang menganjurkan membaca surat-surat Al-Qur’an selain Al-Kahfi, baik di malam atau di hari Jumat (Al-Munawi, Faidl Al-Qadir, 4/199)

Karena Yasin atau Al-Kahfi sama-sama ada hadisnya, Maka amalkan kedua-duanya, di waktu yang berbeda sesuai teks hadis.

Hadits membaca Surat Yasin pada Malam Jumat

مَنْ قَرَأَ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ حم الدُّخَانَ وَيس أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ (أخرجه البيهقى فى شعب الإيمان وضعفه عن أبى هريرة وأخرجه أيضًا : أبو يعلى)

Hadis: “Barang siapa membaca di malam Jumat Surat Hamim ad-Dukhan dan surat Yasin maka Allah mengampuni-nya di pagi hari” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman, ia menilai dlaif, dari Abu Hurairah. Juga oleh Abu Ya’la)

Hal ini diperkuat dengan riwayat hadis yang lain sebagai berikut:

اااااا

Riwayat Abu Dawud dari Ibnu Abbas: “Barangsiapa membaca Surat Yasin dan Shaffat di malam Jumat maka Allah berikan permintaannya” (sanadnya terputus, Faidl Al-Qadir 4/199).

Riwayat hadits lainnya terkait anjuran membaca Surah Yasin di malam Jumat disebutkan sebagai berikut:

 وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له رواه الأصبهاني

“Barangsiapa membaca Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). [ At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298 ].

Dalam riwayat lain disebutkan keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat:

وذكر الثعلبي عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "من قرأ سورة يس ليلة الجمعة أصبح مغفورا له"

Imam Tsa’labi menuturkan dari Abu Hurairoh Ra. “Barangsiapa membaca Yasin di malam jumat, maka paginya diampuni dosanya”. [ alJaamii’ Li Ahkaam al-Quraan XV/3, Tafsiir Sirooj al-Muniir III/301 ].

Sebagian ulama mengatakan bahwa di antara khasiat surat Yasin yang dibacakan untuk orang meninggal sebagai penolong mayit agar mendapat ampunan dan keringanan siksa kubur.

Selain itu, khasiat lain membacakan Surat Yasin kepada orang yang sedang menghadapi sakaratul maut untuk memohon agar Allah menurunkan rahmat-Nya.

Kedudukan Surah Yasin dalam Al Quran disebutkan dalam beberapa hadits yakni sebagai kalbunya Al Quran.

-عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا، وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس".

Dari Abu Hurairah ra yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu, dan kalbu Al Quran adalah surah Yasin

Surat Yasin merupakan surat ke-36 terletak di Juz 22 dan 23 dengan jumlah 83 ayat.

Surah Yasin turun sesudah Surat Jin. Surah Yasin termasuk dalam Surat Makkiyyah, kecuali ayat 45 masuk Madaniyyah. 

Nama Surat Yasin ada beberapa versi. Dari hadits yang diriwayatkan Ibnu 'Abbas diperoleh keterangan bahwa Yasin bermakna ya insan (wahai manusia) yakni wahai Muhammad. Demikian pula pendapat Abu Hurairah, 'Ikrimah, adh-ahhak, Sufyan bin Uyainah dan Sa'id bin Jubair. 

Menurut mereka, ya sin berasal dari logat Habsyah. Sedang Malik yang meriwayatkan dari Zaid bin Aslam menyebutkan arti ya sin adalah kependekan dari nama-nama Allah. 

Ada lagi yang berpendapat ya sin ringkasan dari kalimat "Ya Sayidal Basyar", yakni Nabi Muhammad sendiri. Atau ia adalah salah satu nama dari Al-Qur'an. Namun demikian, mayoritas ulama menyerahkan arti ya sin kepada Allah. 

Dari penjelasan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa membaca Surah Yasin di malam Jumat hukumnya boleh dan dianjurkan.

Wallahu A'lam.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut