get app
inews
Aa Read Next : Rela Jalan Kaki 6 Km Pulang Pergi, Guru Ini Mengajar dengan Tulus

Cendekiawan Islam Syekh Yusuf Qaradawi Wafat di Usia 96 Tahun

Selasa, 27 September 2022 | 11:31 WIB
header img
Ulama asal Mesir Yusuf Al Qaradawi. (Foto : instagram TGB)

Kecuali untuk hal-hal yang abstrak, sosial, dan ranah hidup yang metafisika. Jika ingin merebut masa depan lebih-lebih pengetahuan alam semesta perlu ilmu pengetahuan yang pasti dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara lebih objektif.

"Syekh Yusuf Qaradawi juga melalui karya-karyanya terbaru banyak mempromosikan pandangan keislaman yang wasathiyyah," kata dia. 

Ulama ini telah mengajak umat Islam agar maju dan tengahan dalam beragama, serta tidak fanatik dan ekstrem. Termasuk dalam ideologi dan politik, beliau memiliki pandangan yang tengahan dengan dasar argumentasi nash yang kuat. 

Karyanya tentang jihad yang sangat tebal juga memahamkan tentang jihad multiaspek yang memerlukan pemahaman dan konteks yang luas. Bersama dengan itu, Syekh Yusuf mengajak umat Islam untuk hadir dan mampu menjawab tantangan zaman yang kompleks saat ini. 

"Beliau ulama klasik yang mampu membaca dan berwawasan maju di tengah kehidupan modern dengan pandangan inklusif dan kosmopolitan," katanya.

Ulama dan kader Islam muda di manapun saat ini penting belajar dan mengikuti jejak hidup dan pemikiran ulama besar ini. Bila ulama sepuh berpikir keislaman yang maju dan tengahan, maka terasa jumud manakala ulama-ulama muda Islam saat ini masih ada yang berpikiran konservatif dan ekslusif.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut