get app
inews
Aa
Read Next : Rela Jalan Kaki 6 Km Pulang Pergi, Guru Ini Mengajar dengan Tulus

Cendekiawan Islam Syekh Yusuf Qaradawi Wafat di Usia 96 Tahun

Selasa, 27 September 2022 | 11:31 WIB
header img
Ulama asal Mesir Yusuf Al Qaradawi. (Foto : instagram TGB)

YOGYAKARTA, iNewsKarawang.id -  Cendekiawan Islam Syekh Yusuf Qaradawi yang merupakan ulama ulama besar bertempat tinggal di Doha Qatar dikabarkan meninggal dunia. Syekh Yusuf Qaradawi ini banyak mempengaruhi pemikiran wasathiyan Islam.

Umat Islam sedunia kehilangan ulama besar yang berpikiran moderat dan maju,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir saat berbela sungkawa atas meninggalnya ulama besar Syekh Yusuf Qaradawi, Selasa (27/9/2022). 

Menurut Haedara, transformasi pemikirannya yang semula lebih puritan menjadi maju menunjukkan perkembangan pemikiran Islam yang selalu dinamis dan tidak statis. Haedar memiliki banyak kenangan dengan almarhum ketika berkunjung ke Jakarta. 

“Yusuf Qaradawi pernah berkunjung ke PP Muhammadiyah di Jakarta tiga dekade lalu,”ujarnya. 

Saat itu dia dengan tegas menyatakan hisab itu qothiy (pasti) sedangkan rukyat itu dhanny (meragukan, banyak kemungkinan). Hal ini tentu sangat mencerdaskan dan mencerahkan umat. Sementara umat Islam sedunia ketika berhadapan dengan hukum alam yang pasti, lebih-lebih menyangkut hari dan tanggal atau bulan dan tahun meniscayakan ilmu yang pasti dan kepastian.

"Ini perlu agar segala transaksi dan regulasi hidup sehari-hari itu memiliki kepastian,"ujar dia.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut