get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ciri-ciri Wanita yang Tidak Suci Menurut Islam, Begini Hukum Menikahinya

Senin, 26 September 2022 | 13:36 WIB
header img
Ciri-ciri perempuan yang sudah tidak suci. (Foto : Rattanakun)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Adakah ciri-ciri perempuan yang sudah tidak suci menurut Islam. Dalam masyarakat, istilah perempuan tidak suci umumnya ditujukan kepada wanita yang sudah tidak gadis sebelum halal atau menikah.

Memakai penyebutan 'tidak suci' rasanya kurang tepat sekaligus tidak enak didengar. Istilah tersebut seolah mengandung unsur 'penghakiman', khususnya terhadap kaum wanita.

Dalam Islam, ada istilah thaharah yang berarti suci dan bersih secara lahir dari kotoran (najis) serta bersih hatinya dari sifat dan perbuatan tercela.

Secara fiqih, thaharah adalah mensucikan diri dari najis dan hadas yang menghalangi seseorang untuk shalat dan ibadah-ibadah lain dengan menggunakan air, tanah, atau batu.

Jika konteks suci adalah bersih secara lahir, maka istilah 'perempuan tidak suci' tidak bisa digunakan untuk menyebut mereka yang tidak perawan, sekalipun karena zina. Karena mereka yang tidak perawan bukan berarti tidak suci.

Dan jika konteks suci secara batin, maka istilah 'perempuan tidak suci' juga tetap tidak tepat lantaran sangat riskan dan berpotensi suudzon terhadap seseorang. Apalagi jika seseorang tersebut memang sudah bertaubat.

Jika memang ingin mengulas soal perawan atau tidaknya seorang wanita, maka sebagai Muslim hendaknya dapat berpikir jernih dan paham mengenai ihwal keperawanan dan status hukumnya dalam Islam.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut