get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Begini Hukumnya Puasa Jika Tidak Menunaikan Ibadah Shalat

Sabtu, 24 September 2022 | 16:24 WIB
header img
Hukum Puasa Tapi Tidak Sholat (Foto: Garakta Studio/Elements Envato)

Namun karena terdapat kewajiban yang ditinggalkan dengan sengaja, puasa yang ia lakukan di hari itu tidak berarti apa-apa dan pahalanya berkurang.

Kewajiban menjalankan ibadah sholat 5 waktu memang tidak bisa ditawar lagi dan bahkan jika ditinggalkan akan menjadi perantara seorang muslim untuk menjadi kafir.

Rasulullah SAW bersabda, “Antara hamba (orang mukmin) dan kafir adalah yang meninggalkan sholat.” (HR. Ibnu Majah).

Namun apabila seseorang meninggalkan sholat karena tidak sengaja, seperti tertidur atau lupa, maka dirinya tidak dihukumi sebagai seseorang yang berdosa.

Hal ini sesuai dengan hadits yang berbunyi, “Barangsiapa meninggalkan sholat karena tertidur atau lupa, maka laksanakan sholat saat ia ingat. Tidak ada denda baginya kecuali hal tersebut.” (HR. Imam Bukhari).

Maka apabila Anda meninggalkan sholat secara tidak sengaja saat berpuasa Ramadhan, Anda diwajibkan untuk tetap lanjutkan ibadah puasa tersebut hingga matahari terbenam dan segera ganti (qadha’) sholat yang telah Anda tinggalkan lalu memohon ampun kepada Allah SWT.

Mengganti sholat yang telah ditinggalkan juga wajib dilakukan tak hanya oleh orang-orang yang tertidur atau lupa, tetapi bagi orang-orang yang sengaja meninggalkannya.

Mustafa Al-Khin dan Musthafa Al-Bugha dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzabi Imam Al-Syafi’i menuturkan, “mayoritas ulama dari berbagai ulama sepakat bahwa seseorang yang meninggalkan shalat dituntut untuk mengqadla-nya, ia meninggalkannya secara sengaja ataupun tidak, perbedaanya adalah: jika ia meninggalkan shalat karena udzur, baik lupa ataupun tidur maka ia tidak berdosa namun mesti segera mengqadla-nya, sedangkan bagi yang meninggalkannya dengan sengaja, maka ia terkena dosa dan dituntut segera mengqadla-nya.”

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hukum puasa tapi tidak sholat tetap sah namun pahala puasa yang dilakukan akan berkurang dan menjadi tidak bernilai apa-apa.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut