Logo Network
Network

Keutamaan Doa dan Sejarah Sapu Jagat

Puti Aini Yasmin
.
Jum'at, 23 September 2022 | 13:07 WIB
Keutamaan Doa dan Sejarah Sapu Jagat
Ilustrasi Berdoa (Foto : Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Doa sapu jagat menjadi salah satu doa yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Isi kandungan doa ini bisa digunakan untuk rezeki atau untuk memikat wanita.

Doa Sapu Jagat Arab, Latin dan Artinya
Arab: رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: rabbanā ātinā fid-dun-yā ḥasanataw wa fil-ākhirati ḥasanataw wa qinā 'ażāban-nār

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Keutamaan Doa Sapu Jagat
Dikutip dari buku 'Selamat Tinggal Susah' karya Asrifin An Nakhrawie, isi kandugan yang terdapat dalam doa sapu jagat adalah memohon agar Allah memberikan kebaikan di dunia, sekaligus kebaikan di akhirat.

Kebaikan yang dimaksud adalah kebahagiaan. Dengan demikian inti dari doa sapu jagat adalah memohon agar Allah memberikan kebahagiaan hidup yang sempurna, yakni kebahagiaan di dunia sekaligus kebahagiaan di akhirat.

Selain itu, Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya berpendapat bahwa doa sapu jagat memiliki tujuan yang diminta adalah kebahagaiaan hidup. Jika yang dimaksud adalah kebahagiaan hidup di dunia, maka apapun fasilitas penunjang kebahagiaan akan terpenuhi.

Sedangkan, jika yang dimaksud kebahagiaan di akhirat, maka makbulnya doa akan merasakan kebahagiaan hakiki kelak di surga. Maka dari tiu, banyak ulama yang menyarankan untuk membaca doa sapu jagat.

Sejarah Doa Sapu Jagat
Dalam hadist riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW diketahui tidak pernah meninggalkan doa sapu jagat. Bahkan, Nabi Muhammad membiasakan diri dengan membaca doa "Ya Tuhan kami, beri lah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka." (doa sapu jagat)

Sahabat Anas bin Malik juga selalu berdoa dengan doa sapu jagat. Apabila ia mendoakan seseorang juga memanjatkannya dengan doa sapu jagat.

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan hadist dengan jalur sanad: ayahku telah menceritakan kepada kami hadistnya Abu Nu'aim, Abdus Salam bin Syadad telah menceritakan kepada kami, ia berkata

"Pada suatu saat saya sedang duduk bersama Anas bin Malik, maka Tsabit berkata kepadanya, "Sesungguhnya saudara-saudaramu menginginkan agar engkau mendoakan mereka." Kemudian, Anas pun berdoa "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka" (doa sapu jagat)

Semoga kita semua bisa mengamalkan doa sapu jagat di atas ya!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.