get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Kisah Soekarno-Hatta Saat Naik Haji

Rabu, 21 September 2022 | 14:13 WIB
header img
Soekarno-Hatta pernah melaksanakan ibadah haji. (istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Presiden RI Ke-1 Ir. Soekarno beserta Wakilnya, Moh. Hatta pernah melaksanakan ibadah haji. Moh. Hatta menunaikan rukun  Islam di tahun 1952. Sedangkan Ir. Soekarno pada tahun 1955.

Keduanya memberikan sumbangsih atau usulan kepada pemimpin Arab Saudi saat menjalankan ibadah haji. Di antaranya memindahkan toko-toko dagangan dan memperbesar Masjidil Haram

Dalam buku kenangan yang berjudul Bung Hatta, Pribadinya dalam Kenangan, Bung Hatta memperhatikan keadaan di sekitar Kakbah. Kemudian dia menyarankan kepada pemimpin Saudi Arabia yang saat itu mendampinginya menjalankan ibadah haji, agar memindahkan toko-toko dagangan yang berada di sekitar Masjidil Haram. 

Toko-toko itu, sebelum dipindahkan tampak sangat menganggu konsentrasi orang-orang yang sedang menjalankan ibadah. Sebab terletak persis di sekitar Masjidil Haram dan sangat mencolok mata. Saat ini, toko-toko itu sudah tidak ada lagi.

Setelah itu, toko-toko itu segera dipindahkan dari sekeliling Masjidil Haram. Para jemaah yang menunaikan ibadah haji saat ini bisa lebih berkonsentrasi, tanpa terganggu dengan pemandangan toko-toko tersebut. 

Manfaat ini bukan hanya dirasakan oleh umat Muslim di Indonesia yang sedang menjalankan ibadah haji, melainkan juga umat Muslim di Dunia yang sedang menunaikan ibadah haji di Makkah. Inilah salah satu sumbangan terbesar Hatta.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut