get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Srikandi Lodaya Setia Lestarikan Tari Jaipong di Tengah Popularitas Tari Modern

Sabtu, 17 September 2022 | 17:55 WIB
header img
Srikandi Lodaya usai menampilkan tarian Bedog Lubuk. (Foto: Istimewa)

KARAWANG, iNewsKarawangid - Di antara gempuran tarian modern yang digemari generasi muda di Karawang. Srikandi Lodaya berupaya tetap bertahan melestarikan seni tari tradisi hingga tampil di berbagai daerah.

Dari wawancara khusus, Srikandi Lodaya merupakan grup tari yang dibentuk oleh Nace Permana (Ketua Umum LSM Lodaya Karawang). Ada 7 penari yang menjadi Srikandi Lodaya, para penari tersebut merupakan hasil seleksi ketat LSM Lodaya dalam pengembangan seni tari tradisi.

Dibentuk sejak dua tahun lalu, Srikandi Lodaya dikatakan Nace memiliki misi pelestarian seni tari tradisi Jaipong.

“Srikandi ini kami buat untuk mengenalkan seni tari tradisi Jaipong, dan salah satunya mengenalkan tarian kreasi Jaipong Bedog Lubuk khas Karawang yang kami buat,” kata Nace saat diwawancarai saat penyeleksian penari untuk pembentukan grup kedua Srikandi Lodaya di Cafe Best Friend, Sabtu (17/9/2022).

Sementara itu, Srikandi Lodaya angkatan pertama terdiri dari 7 penari muda. Antara lain, Hana Aulia Zahra (20), Kanaya Rahmatia, Chairunnisa (18), Tiara Putri Wiranata (15), Alda Cantika Putri (19), Salsa Rizkya (17), Raisa Salsabila (17) dan Violita Oktaviani (22).

Ketujuh penari muda tersebut diketahui juga memiliki prestasi sebelum menjadi bagian dari Srikandi Lodaya.

Seperti halnya Hana Aulia Zahra yang pernah menjuarai berbagai lomba tari Jaipong di beberapa ajang lomba di Karawang ataupun luar Karawang.

“Saya memilih tari Jaipong tentunya senang, juga ingin melestarikan, karena siapa lagi kalau bukan generasi muda,” kata Hana yang berstatus mahasiswa seni tari di UPI Bandung.

Hana juga mengakui senang bergabung dengan Srikandi Lodaya dari segi pengembangan seni tarinya.

“Di Srikandi Lodaya banyak hal yang didapat bukan sekedar dapat uang tapi juga pengalaman yang luar biasa, salah satunya penampilan saat di event Tenggarong Internasional Folk Art Festival (Tifaf) di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur,” katanya.

Kegiatan Tifaf ini dikatakannya diikuti oleh 10 negara yang tergabung dalam Council of International Organizations Folklore Festival and Folk Art (Cioff). 

“Jadi penyambutannya luar biasa dan juga Tarian Bedog Lubuk sangat diapresiasi di sana,” ucapnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut