Logo Network
Network

Baca 7 Do'a Ini Agar Hati Tenang

Ayu Utami Anggraeni, Okezone
.
Sabtu, 17 September 2022 | 13:01 WIB
Baca 7 Do'a Ini Agar Hati Tenang
Ilustrasi. (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Ada tujuh bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas yang bisa umat Islam amalkan. Seperti diketahui, setiap manusia pun tak pernah luput dari perasaan gundah, gelisah hingga membuat hari tidak tenang.

Sudah sepantasnya sebagai seorang Muslim mengetahui serta mengamalkan bacaan doa-doa supaya hati memperoleh ketenangan serta ikhlas.

Berikut ini bacaan doa untuk meraih kesabaran ketika menghadapi masalah.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir." (QS Al Baqarah: 250)

2. Doa terhindar dari kecemasan

Sholawat penenang hati ini bisa diamalkan sehari-hari. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

3. Doa ketenangan hati yang merasa cukup

Berikut doa penenang hati dan pikiran:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu." (HR Thabrani) 

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini