get app
inews
Aa Read Next : Yuk Amalkan Doa Ini di Hari-hari Terakhir Bulan Syaban !

4 Doa Sebelum Bekerja agar Mendapat Keberkahan dan Kelancaran

Selasa, 10 Oktober 2023 | 20:24 WIB
header img
Doa Sebelum Bekerja /Okezone

JAKARTA - iNewsKarawang.id
Doa Sebelum Bekerja agar Mendapat Keberkahan dan Kelancaran. Doa ini hendaknya dibaca Muslim setiap hari. 

Doa ini tentunya akan memberikan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala serta materi yang didapat lebih bermanfaat.

Dilansir Rumaysho.com, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menerangkan ada beberapa doa sebelum bekerja yang insya Allah bisa melancarkan rezeki dan usaha, baik dibaca sebelum bekerja. Doanya mudah dan semoga mudah pula mendapatkan berkah.

Pertama, setiap Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassallam melakukan Sholat Subuh, setelah salam, beliau membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)." (HR Ibnu Majah nomor 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan hadits ini shahih)

Kedua, doa dari hadits 'Ali, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah mengajarkan doa berikut:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

"Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR Tirmidzi nomor 3563. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan sanad hadits ini hasan) .

Ketiga:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii. 

"Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku."

Dari Thoriq bin Asy-yam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )) .

"Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam mengajarkan pada beliau sholat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca doa berikut: 'Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii'." (HR Muslim nomor 35 dan 2697)

Dalam riwayat lain, dari Thariq, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam dan ketika itu beliau didatangi seorang laki-laki, lalu laki-laki tersebut berkata:

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )) .

Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?" Beliau bersabda, 'Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii', karena doa ini telah mencakup dunia dan akhiratmu." (HR Muslim nomor 36 dan 2697)

Doa tersebut seperti kandungan dalam doa duduk antara dua sujud ketika sholat.

Dalam hadits Ibnu ‘Abbas disebutkan do’a duduk antara dua sujud yang dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam:

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي.

"Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii (Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku)." (HR Ahmad 1: 371. Syekh Syu’aib Al Arnauth mengatakan haditsnya hasan).

Keempat:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

"Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku."

Demikian doa sebelum bekerja agar mendapat keberkahan dan kelancaran. Wallahu a'lam bishawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut