get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Benarkah Buah Durian Miliki Kolesterol Tinggi? Begini Penjelasannya

Selasa, 06 September 2022 | 19:03 WIB
header img
Buah durian (Foto: Cookist)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Buah durian merupakan salah satu buah yang digemari oleh banyak orang. Walaupun memang memiliki aroma yang menyengat, buah ini memiliki rasa manis dan tekstur lembut serta creamy. Akan tetapi sebagian mengatakan, jangan terlalu banyak memakannya karena dapat memicu kolesterol yang tinggi.

Lantas, apakah benar durian mengandung kolesterol yang cukup tinggi? Sehingga bagi para penderita penyakit ini harus berhati-hati. Dilansir dari berbagai sumber, nyatanya durian tidak seburuk yang dibayangkan lho. Buah ini sama sekali tidak mengandung kolesterol tinggi, sehingga sangat aman dikonsumsi.

Menurut menurut Database Nutrisi Nasional USDA, durian tidak mengandung kolesterol sama sekali. Fakta ini mungkin tidak mengejutkan bagi mereka yang memiliki pengetahuan tentang Biologi Tumbuhan, karena tumbuhan tidak mengandung kolesterol tidak seperti kebanyakan produk olahan susu.

Sementara itu, menurut Dr. Abel Soh, seorang ahli endokrin di Raffles Diabetes dan Endocrine Center mengatakan, bahwasannya durian mengandung lemak tak jenuh tunggal. Di mana hal ini dapat membantu menurunkan kadar beberapa jenis lemak dalam tubuh, seperti trigliserida dan kolesterol jahat.

Kemudian untuk kandungan nutrisi dalam durian pun sangat tinggi. Melansir dari laman Healthline, di dalam satu cangkir (243 gram) buah durian terdapat beberapa nutrisi, yaitu antara lain:

Kalori: 357

Lemak: 13 gram

Karbohidrat: 66 gram

Serat: 9 gram

Protein: 4 gram

Vitamin C: 80 persen dari Kebutuhan Harian (KH)

Tiamin: 61 persen dari KH

Mangan: 39 persen dari KH

Vitamin B6: 38 persen dari KH

Kalium: 30 persen dari KH

Riboflavin: 29 persen dari KH

Tembaga: 25 persen dari KH

Folat: 22 persen dari KH

Magnesium: 18 persen dari KH

Niasin: 13 persen dari KH

Selain itu, durian juga kaya akan senyawa tanaman sehat, termasuk anthocyanin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid. Banyak dari ini berfungsi sebagai antioksidan.

Para ilmuwan percaya, bahwa senyawa seperti belerang dalam durian dapat mencegah enzim tertentu memecah alkohol. Sehingga menyebabkan peningkatan kadar alkohol dalam darah Anda.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut