get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata Biji Chia Miliki 5 Manfaat Lho! Salah Satunya Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Senin, 05 September 2022 | 12:14 WIB
header img
Biji Chia punya banyak manfaat (Foto: Medical news today)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Biji Chia adalah benih tanaman Salvia Hispanica yang berasal dari Meksiko Tengah dan Selatan. Biji chia memang memiliki bentuk yang kecil, namun biji chia memiliki banyak manfaat dan juga kaya akan nutrisi yang baik dikonsumsi tubuh.

Biji chia punya manfaat kesehatan selama berabad-abad. Kaya dengan antioksidan, mineral, serat, dan asam lemak omega-3 dalam biji chia yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, mendukung tulang yang kuat, dan meningkatkan manajemen gula darah.

Terlebih lagi, biji chia serbaguna dan dapat digunakan dalam banyak resep. Berikut 5 manfaat biji chia untuk kesehatan, sebagaimana dikutip Healthline.

1. Bergizi tinggi

Meskipun ukurannya kecil, biji chia sangat bergizi. Biji chia dikemas dengan serat, protein, asam lemak omega-3, dan berbagai mikronutrien. Satu porsi biji chia kering dapat memiliki sekitar 138 kalori, 5 gram protein, 10 gram serat, 12 gram karbohidrat, dan 9 gram lemak, di mana 8 gram di antaranya adalah lemak sehat jantung. Terlepas dari semua nutrisi itu, biji chia juga kaya akan vitamin A, B, E, dan D bersama dengan mineral seperti zat besi, yodium, tembaga, magnesium, niacin, dan tiamin.

2. Sarat dengan antioksidan

Biji chia mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan manusia karena dapat menetralkan molekul reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas, yang dapat merusak senyawa sel jika menumpuk di tubuh. Antioksidan spesifik dalam biji chia termasuk asam klorogenat, asam caffeic, myricetin, quercetin , dan kaempferol. Ini semua dapat memberi perlindungan pada jantung dan hati Anda, serta sifat antikanker.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut