Heboh! Ribuan Warga Karawang Terjangkit HIV AIDS, Hubungan Sesama Jenis Jadi Penyumbang Tertinggi

Iqbal Maulana Bachtiar
.
Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:57 WIB
Staf KPAI (Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia) Kabupaten Karawang Yana Aryana. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - 2.052 warga Kabupaten Karawang tertular HIV AIDS. Penyimpangan seks homoseksual menjadi penyumbang tertinggi kasus HIV AIDS di Karawang dengan total 482 kasus.

Staf KPAI (Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia) Kabupaten Karawang Yana Aryana mengatakan, rata-rata pengidap HIV AIDS di Karawang berada dalam usia produktif dengan rentang usia 20 sampai 29 tahun.

Yana mengatakan, dari data 2.052 orang yang terjangkit, 63 persen di antaranya berjenis kelamin laki-laki. Mereka terjangkit HIV AIDS karena hubungan seks bebas, termasuk hubungan seks sesama jenis.

"Data diambil dari tahun 1992 sampai Juni 2022," katanya kepada wartawan.

Tahun 90-an, penyebab tertinggi kasus HIV AIDS di Karawang adalah trend jarum suntik. Virus itu tertular dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik. Namun di tahun 2016, trend itu bergeser.

"kalau dari tahun 2016 sampai tahun ini itu bergeser, sekarang trendnya homo seksual yang menjadi penyumbang kasus terbanyak," katanya.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini