Logo Network
Network

Tarif Ojol Naik, Masyarakat Kelas Bawah Makin Sulit

Heri Purnomo
.
Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:10 WIB
Tarif Ojol Naik, Masyarakat Kelas Bawah Makin Sulit
David Tobing menyatakan adanya kenaikan tarif ojek online berkisaran 30%-50%. (Foto: Istemewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI),David Tobing menyampaikan adanya wacana kenaikan tarif ojek online (Ojol) yang berkisar antara 30%-50% pada 29 Agustus, Berdampak bagi masyarakat yang terbiasa aktivitas menggunakan ojol. 

Hal ini diungkapkan, melihat hasil survei yang dilakukan oleh Research Institute of Socio-Economic Development (RISED) Universitas Airlangga. Dalam hasil riset tersebut menyatakan bahwa pengguna ojol tersebut adalah kalangan kelas menengah kebawah atau pendapatannya sebesar UMP daerah masing-masing.

“Jadi kita bisa pikirkan bahwa ketika pendapatan yang sudah pas-pasan itu, kemudian akan digunakan untuk transportasi ojol dimana harganya akan naik. Hal ini akan menyulitkan bagi kehidupan mereka," katanya dalam acara Polemik Trijaya FM dengan topik 'Mencari Titik Tengah Polemik Kenaikan Tarif Ojek Online' yang di pantau secara virtual di Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

David meminta pemerintah harus memikirkan kembali mengenai kebijakan naiknya tarif ojol. Selain membebani masyarakat, kenaikan itu juga akan berdampak terhadap pengurangan pendapatan pengemudi ojol karena masyarakat akan beralih ke transportasi lain.

“Kalaupun naik, itu harus ada kajian yang mendalam, tidak seperti sekarang ini, kenaikan yang berkisar 30-50%," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan pada tanggal 4 Agustus lalu mengumumkan adanya kenaikan tarif ojek online yang langsung menimbulkan polemik di masyarakat.

Keputusan Menteri No 564/2022, Kemenhub menaikkan tarif minimum di tiga zonasi dan tarif per-km di Jabodetabek. Tarif yang awalnya akan diberlakukan pada tanggal 15 Agustus 2022, pelaksanaannya pun diundur ke tanggal 29-30 Agustus 2022 karena dibutuhkan masa sosialisasi yang lebih panjang.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini