get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ini Keutamaan Umat Muslim Jika Sedekah di Hari Jumat

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 13:33 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone/ist)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Jangan lupa menyisihkan sebagian rezeki untuk sedekah Jumat. Keutamaannya sangat luar biasa besar, jadi sangat sayang jika dilewatkan.

Jumat merupakan hari penuh keberkahan dan rahmat Allah Subhanahu wa ta'ala. Allah Ta'ala juga membuka pintu maaf seluas-luasnya bagi umat manusia. Maka itu, hari ini sering dijuluki Jumat Berkah.

Bahkan dalam literatur fikih terdapat anjuran bersedekah pada hari Jumat sebab banyak sekali keutamaan yang akan didapat bagi muslim yang menjalankannya. Inilah salah satu keistimewaan Jumat Berkah.

Seperti dilansir nu.or.id, Jumat merupakan hari raya atau hari besar umat Islam. Selain terdapat banyaknya keutamaan, bersedekah di hari tersebut akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Keutamaan bersedekah di hari Jumat juga terdapat di beberapa hadis, di antaranya di dalam bab "Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat" di kitab Al-Umm, Imam al-Syafi'i meriwayatkan hadis:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

Artinya: "Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, 'Perbanyaklah membaca sholawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya sholawat itu tersampaikan dan aku dengar.' Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan'." (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, halaman 239)

Di dalam literatur fikih juga diterangkan anjuran bersedekah pada hari Jumat sebagaimana waktu-waktu utama yang lain memiliki nilai keutamaan lebih besar dibanding waktu lainnya. Hari Jumat termasuk waktu yang utama untuk bersedekah, karena Jumat merupakan hari raya orang Islam.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى مِنْبَرِهِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا إِلَيْهِ بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَهُ وَبَيْنكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ وَبِكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَّةِ، تُؤْجَرُوا، وَتُنْصَرُوا، وَتُرْزَقُوا،

"Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal salih, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong, dan diberi rizki." (HR Al Kassi dalam kitab Al Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid)

Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut