get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Sekelompok Pemburu di Karawang Makan Landak yang Dilindugi

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:21 WIB
header img
Pemburu tengah menyiangi hasil buruan. (Foto: Agung)

KARAWANG, iNews.id - Perburuan satwa liar di Pegunungan Sanggabuana kembali terjadi. Kali ini sekelompok pemburu menembak dan memakan landak di Gunung Sulah, Pegunungan Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat.

Pemburu landak di Sanggabuana ini ditemukan oleh Muhamad Agung Hazami, Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika). Sesaat dirinya hendak mengambil dokumentasi pengibaran bendera merah putih di Gunung Sulah pada 13 Agustus 2022.

Berdasarkan keterangan Agung, pemburu landak berjumlah 5 orang itu tengah mengolah landak yang sudah dikuliti untuk dimasak pada malam hari di sebuah pondok dekat Gunung Sulah.

Namun saat diperingati, lima orang pemburu, malah menghiraukan tegurannya dan mengaku sudah beberapa kali berburu di wilayah pegunungan tersebut.

"Sudah kita kasih tau kalau landak adalah binatang dilindungi, tapi mereka tidak mau tau dan bilang sudah biasa berburu disitu," jelasnya.

Terlihat, para pemburu yang Agung temui itu membawa senjata api rakitan model Dor Lok, dan beberapa memakai kaos camo dengan logo Perbakin.

"Lima orang pemburu itu memakai 3 pucuk senjata rakitan," katanya.

Sementara, Direktur Executive Sanggabuana Conservation Foundation (SCF), Solihin Fuadi, beberapa kali dirinya kerap telah menegur sejumlah warga yang membawa senjata. 

Namun, mereka selalu berdalih senjata tersebut hanya digunakan untuk mengusir binatang yang mengganggu tanaman atau kebun milik warga.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut