get app
inews
Aa Read Next : Breaking News: Cabor Menembak Raih Emas Pertama bagi Indonesia di Asian Games 2023

Kiromal Katibin, Atlet Panjat Tebing Tercepat di Dunia Asal Indonesia

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:19 WIB
header img
Berikut profil dan biodata Kiromal Katibin atlet panjat tebing tercepat di dunia asal Indonesia. (Foto: Instagram/@kiromalk)

Indonesia punya segudang bakat di dunia olahraga. Tak hanya pada cabang olahraga (cabor) favorit, seperti sepakbola hingga bulu tangkis, Indonesia juga punya atlet berbakat di panjat tebing.

Atlit Kiromal Katibin adalah salah satu atlet panjat tebing berbakat Indonesia Baru-baru ini, dia memecahkan rekor sebagai pemanjat tebing tercepat dunia pada International Federation of Sport Climbing (IFSC) 2022 yang digelar di Prancis.

Kiromal Katibin atau yang akrab disapa Kiki ini sudah memulai karier panjat tebingnya pada usia 7 tahun. Usia yang sangat dini sekali untuk seorang anak mengenal dunia atlet.

Awalnya, pada acara Pekan Olahraga Provinsi (Pra Porprov) yang diselenggarakan di Batang, Kiki melihat aksi panjat tebing di alun-alun. Dari sana, dia mulai tertarik pada olahraga tersebut.

Pada 2009, ia berhasil mengikuti kejuaraan tingkat nasional daerah. Karier Kiromal Katibin semakin menanjak semenjak mengikuti Kejuaraan Nasional 2011 (Kejurnas) yang diselenggarakan di Jakarta.

Tidak hanya itu, pada 2016, Kiromal Katibin kembali ke Kejuaraan Nasional Bangka. Dia pulang dengan membawa medali emas di nomor speed. Pada Kejuaraan Nasional Padang tahun berikutnya, ia kembali meraih medali emas di nomor speed.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut