Logo Network
Network

Timnas Indonesia U-16 Selangkah Lagi Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2022

Ramdani Bur/net Okezone
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 17:17 WIB
Timnas Indonesia U-16 Selangkah Lagi Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2022
Nasib Timnas Thailand U-16 di Piala AFF U-16 berada di ujung tanduk. (Foto: Twitter/@AFFPresse)

Timnas Indonesia U-16 selangkah lagi lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Namun  sebaliknya nasib Timnas Thailand U-16 di ujung tanduk.

Di dua laga awal Grup A Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 mendapatkan hasil luar biasa . Setelah menang 2-0 atas Filipina di laga perdana, skuad Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-16– menggilas Singapura 9-0!

Saat ini Timnas Indonesia U-16  memuncaki klasemen sementara Grup A dengan enam angka. Koleksi enam poin Timnas Indonesia U-16 sebenarnya sama persis dengan Vietnam di tempat kedua.

Untuk menjuarai Grup A,Timnas Indonesia U-16 hanya butuh hasil imbang saat bersua Vietnam di matchday pamungkas Grup A, Sabtu 6 Agustus 2022.

Saat ini Timnas Indonesia U-16 unggul selisih gol atas Vietnam, yakni +11 berbanding +9. Untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 sebagai juara Grup A, 

Lantas, bagaimana jika kalah dari Vietnam? Jika kalah dengan skor tipis, Timnas Indonesia U-16 diprediksi tetap lolos lewat jalur runner-up terbaik. Sebab, koleksi enam poin dan selisih gol besar sudah sangat menjamin skuad Garuda Asia lolos ke empat besar. Sekadar diketahui, hanya juara grup (A, B dan C) dan satu runner-up terbaik yang diizinkan melaju ke empat besar Piala AFF U-16 2022.

Bagaimana dengan Thailand? Setelah melewati dua laga, Thailand kini menempati posisi dua Grup B dengan empat angka. Koleksi poin itu sama persis dengan Timor Leste di puncak klasemen, dan unggul dua poin dari Laos di tempat ketiga.

Untuk lolos ke semifinal, Thailand wajib mengalahkan Timor Leste di laga pamungkas yang berlangsung Minggu, 7 Agustus 2022. Namun, faktanya takkan semudah itu. Sebab, Timor Leste sanggup bermain 1-1 dengan Laos, tim yang juga menahan Thailand 1-1. Selain itu, Timor Leste menang 10-0 atas Brunei, sedangkan Thailand cuma menang 5-0 atas lawan yang sama.

Jika Timor Leste vs Thailand berakhir imbang dan di laga lain Laos menang atas Brunei, nasib Thailand di ujung tanduk. Lantas, bagaimana hitung-hitungannya? Andai kondisi ini terjadi, koleksi poin Timor Leste, Thailand dan Laos sama-sama lima poin.

Alhasil, bakal dibuat klasemen mini untuk menentukan siapa juara grupnya. Berikut regulasi head-to-head di Piala AFF U-16 2022berdasarkan pasal 12.2:

A. Poin tertinggi dari laga di antara dua tim atau lebih yang memiliki poin sama

B. Selisih gol pada laga grup yang mempertemukan tim yang poinnya sama.

C. Jumlah gol terjadi di fase grup di antara tim yang poinnya sama.

Merujuk kepada poin di atas, jika laga Timor Leste vs Thailand berakhir 0-0 dan di laga lain Laos menang tipis semisal 1-0 atas Brunei, Laos yang lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Penyebabnya karena Laos total sanggup mencetak dua gol ke gawang Timor Leste dan Thailand.

Di saat bersamaan, Timor Leste dan Thailand hanya sama-sama mencetak satu gol. Lantas, bagaimana jika laga Timor Leste vs Thailand juga sama kuat 1-1? Jika kondisi di atas terjadi, Timor Leste, Thailand dan Laos mempunyai head-to-head yang sama persis.

Alhasil, poin fair play bakal digunakan. Tim yang mendapatkan kartu paling minim bakal lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Menarik menanti tim mana yang bakal mewakili Grup B ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.