get app
inews
Aa Read Next : Link Live Streaming Indonesia U-16 vs Australia U-16 di Semifinal Piala AFF U-16 2024, Klik di Sini!

Garuda Asia Gagal Pertahankan Gelar Juara, usai Kalah 3-5 dari Australia U-16 di Semifinal AFF U-16

Senin, 01 Juli 2024 | 22:11 WIB
header img
Timnas Indonesia U-16 kalah 3-5 dari Australia U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2024. (Foto: PSSI)

SOLO, iNewsKarawang. id-Timnas Indonesia U-16 harus mengakui ketangguhan skuad Timnas Australia U-16. Pasalnya Garuda Asia kalah telak 3-5 dari Timnas Australia U-16, Senin (1/7/2024) malam WIB.

Kedua tim berlaga di Stadion Manahan, Solo. Skuad asuhan Nova Arianto itu tepatnya kalah dengan skor 3-5.

Tim Nasional(Timnas) Indonesia U-16 kalah dari Australia U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2024, Dua gol Timnas Indonesia U-16 yang dicetak Zahaby Gholy dan satu gol lagi dari Josh Holong nyatanya tak mampu meredam permainan Australia U-16.

Dengan kekalahan itu, Timnas Indonesia U-16 batal ke final, sekaligus gagal mempertahankan gelar juara.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-16 masih memiliki satu laga lagi. Yakni melawan Vietnam U-16 untuk memperebutkan peringkat ketiga. Sementara Australia U-16 akan berjumpa Thailand U-16 di final.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejatinya Timnas Indonesia U-16 bermain baik di awal babak pertama, terbukti Garuda Asia mampu unggul cepat ketika laga baru berjalan tiga menit. Keunggulan Timnas Indonesia U-16 itu dicetak oleh Zahaby Gholy.

Semenjak unggul, Australia U-16 semakin bermain menekan. Beruntung, Nur Ichsan bermain apik di bawah mistar gawang.

Setidaknya ada empat peluang emas Australia U-16 mampu dihalau Nur Ichsan. Namun, petaka datang di menit 20-an.

Rayhan melakukan pelanggaran di dekat area kotak terlarang. Beruntung wasit tidak menunjuk titik putih.

Namun, Amlani Tatu mampu mengeksekusi tendangan bebas dengan baik. Australia U-16 mampu mencetak gol dan membuat laga menjadi sama kuat 1-1 di menit 24.

Kesialan kembali menimpa Timnas Indonesia U-16 di menit 28. Sebab Rayhan lagi-lagi melakukan pelanggaran keras, sehingga wasit memberikan kartu kuning kedua.

Tentu itu menjadi kartu merah untuk Rayhan dan membuatnya diusir dari lapangan. Timnas Indonesia U-16 pun harus bermain dengan 10 pemain semenjak pertengahan babak pertama.

Matthew Baker lantas dipaksa untuk bermain lebih ke tengah untuk menutup hilangnya Rayhan. Dengan kekurangan pemain, Timnas Indonesia U-16 nyatanya tetap bermain menyerang dan beberapa kali membahayakan gawang Australia U-16.

Sayang, sampai babak pertama berakhir tim asuhan Nova Arianto itu gagal menambah angka. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Babak Kedua

Amlani Tatu berhasil mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia U-16 untuk kedua kalinya di semifinal Piala AFF U-16 2024. Lalu tak lama Anthony Stipe juga mencatatkan namanya di papan skor.

Pertengahan babak kedua benar-benar sulit untuk Timnas Indonesia U-16. Saat itu Garuda Asia tertinggal 2-4 dari tim Negeri Kangguru tersebut.

Amlani Tatu mencetak gol di menit 64, sedangkan Stipe membobol gawang pada menit 71. Saat laga ingin berakhir Australia U-16 menambah satu gol lagi lewat aksi Stipe kembali di menit 85.

Josh Holong sempat mencetak gol di akhir laga. Lalu tak lama laga berakhir, dan Timnas Indonesia U-16 kalah 3-5 dari Australia U-16.

Berikut Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-16 XI (4-4-2): M Nur Ichsan, Mathew Ryan Baker, I Putu Panji Apriawan, Raihan Apriansyah Sudrajatm Fabio Azkairawan; Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Alfrido, Evandra Florasta, Muhammad Zhaby Gholy; Fadly Alberto, Mierza Firjatullah.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut