get app
inews
Aa Read Next : Bangunan Sekolah Hampir Roboh, Siswa SDN Mekarmulya III Terpaksa Belajar Diteras

Bangunan SD Ini Hanya Beratap Terpal, Miris!

Rabu, 20 Juli 2022 | 11:24 WIB
header img
Kondisi SDN Haduyang Ratu Lampung Utara (foto: MPI/Jimi)

Bangunan SD Negeri Haduyang Ratu, Kecamatan Bungamayang, Lampung Utara, kondisinya sangat memprihatinkan dan terkesan tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar.

Pasalnya para murid mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, menjalani kegiatan belajar mengajar (KBM) di 4 ruangan yang sebelumnya bekas kantor balai dusun desa setempat. Keterangan ini berdasarkan pantauan, Selasa (19/7/2022),

Bahkan sebagian ruangan berdinding geribik yang mulai rapuh, termasuk  atapnya, pihak sekolah menggunakan terpal untuk menutupi para siswa dari panasnya matahari. Tidak ada fasilitas lain seperti kamar mandi ataupun sumur. Para guru saat menunggu giliran mengajar, terpaksa berteduh di bawah pohon karena tidak memiliki ruangan.

Salah satu siswi kelas 6 Desita mengaku dirinya sangat sedih dengan kondisi sekolahnya. Menurut dia, sejak dirinya duduk dikelas 1, kondisi sekolah memang sudah begitu.

"Sedih pak (melihat kondisi sekolah). Apalagi kalau hujan, meja jadi basah," kata Desita.

Dirinya berharap, agar sekolah tempat menimba ilmu agar diperbaiki."Supaya kami belajar nyaman," terang dia.

Sementara itu, Rizal Karnain selaku Kepala Sekolah (Kepsek) mengaku jika kondisi tersebut sudah berlangsung sejak 2012. Awalnya, mereka menempati gedung yang ada di Dusun I desa setempat. Namun karena ada persoalan lahan, mereka berinisiatif pindah ke Dusun III tepatnya di kantor eks Balai Dusun.

Dijelaskan, pihaknya rutin mengajukan proposal guna perbaikan sekolah. Namun di tahun 2021 mereka mendapat bantuan pembangunan ruang kelas baru. Itupun hanya satu ruangan.

"Kami masih kekurangan banyak ruangan," kata Rizal.

Dia menceritakan, saat hujan, pihak sekolah terpaksa memberhentikan belajar mengajar dan memulangkan anak didiknya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut