get app
inews
Aa Read Next : Kera Besar Suka Menggoda dan Merayu Seperti Manusia, Ini Hasil Riset

Benarkah Bintang di Langit Berkelap-kelip, Ini Jawaban Ilmuwan

Rabu, 06 Juli 2022 | 13:40 WIB
header img
Bintang di langit berkelap-kelip. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Ketika malam tiba, langit dipenuhi bintang yang berkelap-kelip. Kerap muncul pertanyaan, kok bisa bintang berkelap-kelip?

Melansir dari Space pada Selasa (5/7/2022), bintang sebenarnya tidak berkelip-kelip seperti yang kita lihat. Cahaya bintang sebenarnya utuh, hanya saja kita melihatnya dari Bumi yang jaraknya sangatlah jauh dari bintang itu sendiri. 

Ryan French, fisikawan surya di University College London di Inggris mengatakan bahwa bintang menempuh jarak yang sangat jauh untuk mencapai mata kita pada malam hari. 

Matahari saja yang merupakan bintang terdekat kita jaraknya 150 juta kilometer, bintang lain yang terdekat dengan kita adalah Proxima Centauri, yang berjarak lebih dari 4 tahun cahaya dari Bumi. 

Dengan jarak yang jauh, dalam perjalanan ke mata kita cahaya dari bintang-bintang ini tentu akan samar, apalagi cahaya bintang bertemu dengan atmosfer Bumi, maka yang kita kihat adalah kelip-kelip. 

"Saat titik cahaya ini mencapai atmosfer, ia melewati lapisan udara yang bergetar sebelum mencapai mata kita, menyebabkannya berkelap-kelip," kata French memaparkan. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut