get app
inews
Aa Read Next : Sering Minum Kopi? Begini 4 Efek Sampingnya jika Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Sering Cemas? Berikut 5 Hal Pereda Cemas! Yuk Simak

Jum'at, 24 Juni 2022 | 15:31 WIB
header img
Anxiety (Foto: Freepik)

Artikel ini akan membahas mengenai stres yang disertai kecemasan. Saat seseorang mengalami stres, seringkali  orang tersebut ingin meluapkan stres dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan yang menenangkan.

Well, sebaiknya berhati-hati karena makanan yang menenangkan bisa membuat terlena dan akhirnya menyebabkan penambahan berat badan, yang lagi-lagi akhirnya akan menambah stres Anda.

Meskipun stres disertai kecemasan tidak mungkin untuk dihindari. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakannya, salah satunya dengan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk. Mewarta PinkVilla, Kamis (16/6/2022) berikut paparan lima tips seputar nutrisi dari Dr. Rohini Patil, untuk meredakan stres.

1. Sarapan secara teratur: Kebiasaan ini membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kadar gula darah bisa terkendali sepanjang hari. Ini jadi penting, karena gula darah yang rendah bisa menyebabkan serangan kecemasan. Maka dari itu, sarapan teratur bisa membantu menjaga suasana hati yang stabil dan mencegah serangan kecemasan, apalagi saat cuaca sedang panas seperti sekarang yang mana ketika suhu naik tajam membuat tubuh sulit untuk menyesuaikan diri dengan cukup cepat.

2. Tidur nyenyak: Tidur sangat esensial untuk kesehatan fisik dan mental setiap orang. Tapi bisa tidur dengan nyenyak dan layak, terjadi jadi lebih penting ketika musim panas. Sebab kita menjadi lebih rentan terhadap serangan panas dan dehidrasi karena suhu yang tinggi. Saat kurang tidur, tubuh kita menghasilkan lebih sedikit kortisol. Padahal zat senyawa inilah yang membantun mengatasi stres dan kecemasan. Jika kurang tidur di malam hari, cobalah tidur siang.

3. Makan makanan yang seimbang: Disebut Dr. Rohini sebagai cara terbaik untuk mengurangi kecemasan. Makan makanan seimbang di sini harus mencakup banyak buah dan sayuran. Makanan ini dikemas dengan nutrisi yang membantu mengatur kadar gula darah, yang bisa membantu menghilangkan stres dan gugup.Tidak hanya itu, mengonsumsi sayuran segar seperti wortel atau kangkung akan memberikan tubuh vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit yang dapat menyebabkan kecemasan.

4. Konsumsi makanan mengandung zinc: Zinc adalah mineral antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, yang ternyata berperan dalam produksi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin, yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati loh! Defisit zinc disebut berhubungan dengan depresi dan gangguan kecemasan. Oleh karena itu, pastikan Anda konsumsi makanan kaya akan zinc seperti daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan hingga tiram.

5. Minum lebih banyak air mineral: Tahukah Anda dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala dan kelelahan, yang mana bisa memicu datangnya kecemasan. Jika merasa lelah sepanjang hari, cobalah minum lebih banyak air mineral ya!

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut