Kementan : Stok Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha Masih Aman

Iqbal Dwi Purnama
Wabah Penyakit Mulut dan Kuku di Hewan (Foto: Okezone)

Ditengah adanya wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) ketersediaan stok hewan kurban untuk perayaan idul adha tahun 2022 masih tergolong aman.

Kementerian Pertanian (Kementan) melaluii Kepala Biro Humas dan Informasi Publik  Kuntoro Boga menegaskan hal demikian dalam konferensi persnya, Senin (13/6/2022).

Kuntoro Boga mengungkapkan, artinya dari sisi ketersediaan sapi masih dikategorikan cukup walaupun lalulintas hewan ternak sedikit terganggu akibat kebijakan lockdown hewan di beberapa daerah untuk menekan penularan wabah PMK.

"Jika berkaca dengan kebutuhan hewan kurban pada perayaan idul adha tahun sebelumnya 2021 yang mana masih juga dalam kondisi pandemi, jumlah hewan kurban untuk tahun ini masih cukup tersedia,"terangnya.

Menurut Kuntoro Boga, menjelang perayaan idul adha, pemerintah mengajak masyarakat untuk tidak perlu khawatir atau panik akan ketersediaan kurban, kami memastikan ketersediaan hewan kurban, baik itu sapi, kambing dan domba dalam kondisi cukup," ujar Kuntoro Boga.

Kuntoro menjelaskan pada tahun sebelumya, kebutuhan akan hewan kurban pada perayaan idul adha mencapai 1,5 juta ekor, yang terdiri dari sapi, kambing, dan domba. Seperti diketahui hewan berkuku belah tersebut saat ini menjadi sasaran virus PMK.

Editor : Boby

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network