Waduh! Ternyata Makanan Pedas Bisa Bikin Pingsan. Begini Penjelasannya

Muhammad Sukardi , Okezone
Makanan pedas (Foto: Freepik)

"Saat makanan pedas masuk ke perut, sensasi pertama yang akan terasa adalah perut akan panas atau bahkan terbakar,” terang dr. Agrawal, dikutip MNC Portal dari NDTV, Kamis (9/6/2022).

Kondisi perut terasa panas dan terbakar ini, sebagai akibat adanya pelepasan zat senyawa tertentu yang ada di dalam cabai. Sehingga, semakin pedas makanan yang dimakan, artinya semakin banyak pula zat senyawa yang dilepaskan.

“Ini terjadi karena senyawa capsaicin yang ada di cabai aktif dan melepas zat P atau senyawa yang mentransmisikan rasa sakit dan sensasi terbakar," lanjut dr. Agrawal

Kondisi seperti ini bisa semakin buruk, jika makanan pedas tersebut terus disantap alias terus masuk ke dalam sistem pencernaan. Reaksi seperti sakit perut, mual, muntah, bahkan pingsan seperti yang dialami oleh beberapa karyawan Irfan Hakim sangat mungkin terjadi.

Mengapa demikian? Ini sebagai akibat tubuh tidak lagi bisa mentoleransi rasa sakit yang diakibatkan makanan pedas, sehingga secara tidak sadar dan otomatis tubuh jadi tak berdaya.

Pada beberapa kasus, seseorang yang mengonsumsi makanan terlalu pedas juga mengakibatkan luka pada usus dan ini yang membuat ada darah pada feses atau tinja saat dikeluarkan. Bahkan, pada kasus ekstrem seseorang bisa sampai mengalami muntah darah loh!

Editor : Boby

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network