Drama PPDB Tingkat SMA di Karawang, Mulai Orang Tua yang Gaptek Hingga Calon Siswa Merengek

Iqbal Maulana Bahtiar
Drama PPDB Tingkat SMA di Karawang, Mulai Orang Tua yang Gaptek Hingga Calon Siswa Merengek (Foto : ilustrasi)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA, SMK dan SLB sederajat di Kabupaten Karawang dimulai.

Sama dengan tahun lalu, PPDB tahun ini dibuka dalam 2 tahap. Yakni, PPDB tahap 1 dibuka untuk jalur zonasi dan afirmasi KETM Mulai Senin (3/6/2024) hingga Jumat (7/6/2024). 

Sementara itu, untuk tahap 2 akan berlangsung pada tanggal 24-28 Juni 2024 dengan jalur, PDBK, prestasi rapot, prestasi kejuaraan dan anak guru/pindah tugas. 

Kemudian, bagi calon peserta didik baru (CPDB) di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang ingin melakukan pendaftaran, bisa langsung mengunjungi website resmi PPDB Jabar 2024 di https://pendaftaran.ppdb.jabarprov.go.id/login

Euforia PPDB Kabupaten Karawang 2024

Meskipun sempat mengalami sistem error pada hari pertama pembukaan PPDB 2024, antusiasme Calon Peserta Didik Baru (CPDB) di Karawang masih tinggi.

Diketahui, pada PPBD tahun 2024 di Kabupaten Karawang diprediksi bakal diikuti oleh sekitar 87.218 CPDB yang berasal dari 209 sekolah tingkat SMP baik swasta maupun negeri yang akan bersaing untuk masuk ke sekolah yang mereka impikan.

Data tersebut berdasarkan dari data jumlah murid smp di Kabupaten Karawang tahun 2022 dan data jumlah sekolah di Kabupaten Karawang Kemendikbud semester 2023/2024.

Dari sebanyak 54 sekolah tingkat SMA dan 115 sekolah tingkat SMK baik negeri maupu swasta di Karawang, ada beberapa sekolah yang menjadi favorit atau incaran para CPDB setiap tahunnya. Yakni, SMKN 1 Karawang, SMKN 2 Karawang, SMAN 1 Karawang, SMAN 5 Karawang, SMAN 4 Karawang, SMAN 3 Karawang, SMAN 1 Batujaya, SMAN 1 Ciampel, SMAN 1 Cikampek, dan masih banyak lagi.

Warna-warni PPDB Online 2024 di Karawang

Meskipun bukan kali pertama PPBD online ini dilaksanakan, ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana alur dan tata cara mendaftarkan di website resmi, Terutama orangtua murid yang dinilai gaptek (gagap teknologi).

Dari pantauan reporter iNewskarawang.id, Hal tersebut juga dicurahkan oleh salah satu orangtua calon peserta didik baru (CPDB) di Kabupaten Karawang yang bernama Esih (49).

Diungkapkannya, Esih mengaku masih kebingunan terkait jalur dan bagaimana menginput data diri anaknya di website resmi PPDB.

Namun, untungnya pihak sekolah menyediakan pendampingan untuk CPDB dalam mengisi formulir pendaftaran di website PPDB online sampai selesai.

Selain itu, ada juga peristiwa yang cukup mengundang gelak tawa. Dimana ada salah satu anak (CPDB) yang menangis karena salah memasukan data tujuan pendaftaran sekolah.

Dalam rengeknya, anak itu mengatakan jika bukan sekolah tersebut yang dirinya inginkan. Bahkan, wajah dari anak itu nampak murung ketika tengah diajak oleh orangtuanya untuk melaporkan kesalahan tersebut.

Dan syukurnya, dengan didampingi oleh pihak sekolah, kesalahan input tersebut bisa terselesaikan, sehingga anak tersebut bisa kembali tersenyum sumringah.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network