Hadiri 120 Tahun FIFA di Prancis, Erick Thohir Berharap Timnas Indonesia Tampil di Piala Dunia

Rivan Nasri Rachman/ Boby
Ketum PSSI, Erick Thohir bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino. (Foto: Dok Erick Thohir)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir  menghadiri acara ulang tahun FIFA yang ke-120 di Kediaman Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang berada di Istana Elysee. 

Erick Thohir pun berharap Timnas Indonesia bisa bermain di Piala Dunia lagi seperti pada 1938 silam.

Ketika Berada di Prancis, Erick Thohir seperti mengenang salah satu sejarah sepakbola terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Sejarah itu adalah Indonesia menjadi wakil Asia pertama yang tampil di Piala Dunia 1938 yang berada digelar di Prancis.

"Hari ini saya menghadiri undangan Anniversary ke-120 FIFA di kediaman Presiden Prancis, Emmanuel Macron,” ucap Erick Thohir, dikutip dari Instagram pribadinya, Rabu (22/5/2024).

“Prancis jadi tempat spesial untuk sepak bola Indonesia saat menjadi host Piala Dunia 1938. Saat itu, Indonesia yang bernama Hindia Belanda menjadi negara pertama dari Asia yang ikut Piala Dunia,” tambahnya.

"Bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino dan para tokoh sepak bola, kami berdiskusi tentang kekuatan sepak bola untuk mempersatukan seluruh masyarakat di dunia,” lanjut Ketum PSSI tersebut.

Ya, untuk yang belum tahu Indonesia pernah tampil di Piala Dunia dan bahkan menjadi wakil Asia pertama yang bermain di pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut. Hanya saja kala itu Indonesia bernama Hindia Belanda ketika pertama kali tampil di Piala Dunia 1938.

Setelahnya Timnas Indonesia belum pernah lagi tampil di Piala Dunia. Namun, kesempatan itu kali ini kembali terbuka lebar.

Sebab saat ini Timnas Indonesia tengah berjuang di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan berpeluang besar lolos ke babak ketiga. Dengan adanya tambahan jatah Asia di Piala Dunia 2026 menjadi 8+1 (jalur playoff), maka peluang Garuda jelas semakin besar.

Tak heran jika Erick Thohir pun berharap semoga Timnas Indonesia bisa mengulang sejarah, yakni tampil di Piala Dunia, yang mana dalam waktu dekat adalah Piala Dunia 2026 yang digelar di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

“Semoga ada kesempatan ke world cup di US (Amerika Serikat) pada 2026,” tutup Erick Thohir.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network